Chat kami sekarang

Musrenbang RKPD Provinsi Sulut, Kumolo : Perlu sinergitas antara Gubernur Bersama para Walikota/Bupati Sehingga Masyarakat yang Sejahtera Dapat Terwujud

Sulutpos.com, Tomohon – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, melalui Badan Perencanaan Pembanguna Daerah – BAPEDA, menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Utara untuk Tahun 2017, di ruang pertemuan Hotel Sutan Raja, Minahasa Utara, selasa (19/4).

Musrenbang kali ini bertemakan “Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang berkepribadian, berdaulat dan berdikari melalui pembangunan infrastruktur, reformasi birokrasi, dan penguatan ekonomi lokal secara inklusif”.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, saat membuka kegiatan tersebut mengatakan dalam menjalankan proses pembangun di daerah, harus ada sinergitas antara gubernur bersama para walikota/bupati agar dapat berjalan dengan baik sehingga terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

Sementara Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey SE, saat memimpin rapat mengatakan Rencana Kerja Pembangunan Daerah RKPD untuk Tahun 1017, merupakan tahun pelaksanaan RPJMD Provinsi Sulut, tahun 2016-2021, dengan kebijakan yang diarahkan pada upaya untuk mewujudkan Sulut berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam pemerintahan dan politik serta berkepribadian dalam budaya.

Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak, saat penandatanganan  kesepakatan RKPD
Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak, saat penandatanganan kesepakatan RKPD

“RKPD Provinsi Sulut untuk tahun 2017 juga nenjadi pedoman bagi pemerintah Kabupaten/Kota Tahun 2017 dan sebagai acuan bagi seluruh pemangku kepentingan dalam menyusun program kegiatan sebagai bentuk partisipasi dalam pembangunan,” ujar Dondokambey.

Dibagaian lain, Menteri Polhukam RI Jend TNI (Purn) Luhut Pandjaitan, memaparkan tentang stabilitas keamanan dan pembangunan ekonomi, dikatakannya strategis pembangunan meliputi pemerataan pembangunan, peningkatan daya saing serta transformasi komoditi berorientasi industri.

“Pembangunan wilayah Sulut selama ini telah berjalan relatif baik, hal ini kedepan diharapkan dapat mendorong pembangunan yang lebih baik dan komprehensif,” tutur Pandjaitan.

Disamping itu, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, mengungkapkan upaya reformasi anggaran belanja pemerintah pusat merupakan contoh bagi pemerintah daerah dalam melaksanakan serta mengelolah APBD.

Disela kegiatan, Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak, yang hadir pada kesempatan tersebut mengatakan dalam pelaksanaan pembangunan pihaknya mendukung sepenuhnya serta mengacu pada segala program pemerintah pusat, serta terus berupaya dalam membangun Kota Tomohon disegala bidang dengan tujuan untuk memajukan Kota Tomohon serta untuk mensejahterakan masyarakat Kota Tomohon.

Dalam kegiatan Musrenbang dilaksanakan juga penandatangan kesepakatan Musrenbang RKPD 2017. Hadir dalam kegiatan para Walikota/Bupati se Sulut bersama SKPD terkait.[Glenn Kapele]

(Visited 752 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *