Chat kami sekarang

Stephen Hawking Dukung Proyek untuk Temukan Kehidupan di Antariksa

Foto: Pengusaha Rusia, CEO ‘Digital Sky Technologies Yuri’, Milner akan mendanai proyek untuk menemukan kehidupan di antariksa (foto: dok). [Reuters]


SulutPos.com, Washington – Ilmuwan astrofisika terkenal Stephen Hawking dan CEO Facebook Mark Zuckerberg serta Yuri Milner bekerjasama untuk memburu kehidupan di antariksa.

Yuri Milner, seorang miliuner Rusia dan ilmuwan Stephen Hawking hari Selasa (12/4) mengumumkan peluncuran proyek ambisius untuk mengirim sejumlah pesawat antariksa mini yang beratnya jauh di bawah 25 gram ke Alpha Centauri, sistem bintang terdekat dengan bumi.

Milner akan mendanai proyek ini 100 juta dolar tapi akan menelan biaya sampai 10 miliar dolar sebelum terealisasi sepenuhnya.

Alpha Centauri 40 triliun kilometer jauhnya dari bumi. Dengan menggunakan teknologi yang ada sekarang akan diperlukan waktu 30 ribu tahun untuk sampai di sana.

Proyek yang diberi nama Breakthrough Starshot itu berharap untuk memangkas waktu perjalanan menjadi hanya 20 tahun dengan menggunakan laser besar dari bumi untuk memungkinkan pesawat mini itu melakukan perjalanan sekitar 1/5 kecepatan cahaya.

“Alat mini ini akan tampak seperti chip dari telepon pintar dan sangat ringan,” kata ketua proyek Pete Worden mantan Direktur Pusat Riset Ames NASA.

Ilmuwan astrofisika Inggris, Stephen Hawking (foto: dok).[AP]
Ilmuwan astrofisika Inggris, Stephen Hawking (foto: dok).[AP]
“Tanpa cara-cara baru peluncuran kita tidak akan mencapai kemajuan besar,” kata Hawking.

“Cahaya adalah teknologi yang paling pragmatis yang tersedia,” imbuhnya.

Jika pesawat nano itu mencapai Alpha Centauri dan bisa mengambil photo-photo akan diperlukan waktu sekitar empat tahun untuk mengirimkannya kembali ke bumi.

Sasarannya adalah menemukan sebuah planet yang berpotensi untuk dihuni. Belum ada planet yang ditemukan di Alpha Centauri tapi para pakar mengatakan salah satu mungkin terdapat di sana.

“Jika misi ini membuahkan hasil, akan menjelaskan mengenai diri kita seperti halnya mengenai Alpha Centauri,” kata Milner pada konferensi pers hari Selasa di New York. [my/al] 

VOA News

Abandoned Soviet Military Base Becomes Tourist Attraction

(Visited 311 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *