Buka Pembekalan Panitia Pemilihan Hukum Tua, JWS Ingatkan Kerja Secara Jurdil

Sulutpos.com, Tondano – Memasuki Tahapan Pemilihan Hukum Tua di 80 Desa se Kabupaten Minahasa, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan (BPMPD ) Mengelar Bimbingan Teknis bagi semua Panitia yang terbentuk di tingkat desa, di lakukan pada selasa (31/05) siang tadi di Gedung Wale Ne Tou Sasaran Tondano.

Kegiatan yang di buka secara resmi oleh Bupati Drs Janjte Wowiking Sajow, Msi  di hadiri Asisten I Setdakab Minahasa, DR Denny Mangala Msi, juga Kepala Badan BPMPD Drs Djefry Sumendap  Sajow, MSi, Para Camat, Hukum Tua di 80 Desa juga ratusan Panitia Pelaksana Pilhut.

Dalam Laporannya Djefry  mengatakan, Pembekalan ini merupakan bagian dalam Agenda Pemerintah Kabupaten dan sesuai dengan Undang- undang serta peraturan Mentri  Dalam Negeri.

“Pemilihan Hukum Tua Ini sudah di atur lewat Undang Undang, dan Permendagri serta Pengangkatan dan pembentukan juga Pembekalan Panitia inipun bertujuan guna meningkatkan pemahaman terhadap aturan  pemilihan  para Hukum Tua tingkat Desa yang berjumlah 648 orang,” terangnya

Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow Msi, dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kabupaten akan memantau setiap Pemilihan yang di lakukan, bahkanpun dalam setiap pengurusan berkas, akan di turunkan Tim dari Dinas Pendidikan dan Olahraga guna mengecek keabsahan Ijasah yang di minta jangan sampai terdapat ijasah palsu, hal bertujuan agar dalam pihut nanti tidak akan menimbulkan permasalahan yang tidak di ingini begitupun dengan para calon JWS menghimbau agar tidak ada keramaian ataupun pesta Pora serta di larang mengenakan akan atribut Partai di karenakan adanya perbedaan antara Pemilihan Kepala Daerah Dan Hukum Tua.

” Pemerintah sudah menganggarkan 15 juta rupiah guna Oprasional pilhut mendatang, hal ini bertujuan agar calon yang ingin ikut tidak akan terbebani, saya rasa anggaran itu cukup guna pengadaan kertas Suara dan Oprasional lainya, serta di minta apabila dalam pencalonan nanti tidak mengenakan atribut partai, atau tidak membawa – bawa nama parpol,” ujar sajow.

Lebih lanjut Bupati meminta panitia yang telah terpilih ini bisa mengabdikan diri sebaik – baiknya.

” Di tangan saudara akan lahir seorang pemimpin yang ada di tingkat Desa, jadi laksanakan tugas dengan menjunjung asas Bersih, Jujur, adil dan Rasia jangan mengukur semua dari sisi uang karena jika kita mengacu dari sisi Materi maka pasti tidak akan terlaksana dengan baik,” tegasnya, sambil membuka kegiatan Pembekalan Panitia Pilhut tersebut.

Kegiatan di lanjutkan dengan materi Pembekalan yang di pimpin langsung DR Denny Mangala MSi, selaku Asisten 1 Bagian Pemerintahan Setdakap Minahasa, dan di dampingi Kaban BPMPD Drs Djefry Sumendap Sajow, MSi. ( Noldy)

(Visited 177 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *