Chat kami sekarang

Buka SMSI GMIM Di Tondano, Menkumham Minta Gereja Tidak Terjebak Dalam Persoalan Birokrasi dan Perebutan Kekuasaan (Advertorial)

_MG_0766Sulutpos.com, Tondano – Ribuan Peserta Perutusan dari setiap Jemaat dan Wilayah dalam Ruang lingkup Pelayan Gereja Masehi Injili Minahasa ( GMIM) padati Gedung Wale Ne Tou Tondano siang Tadi (17/05) dalam Sidang Sinode Istimewa ( SMSI ) Ke -78.

Kegiatan  yang bertujuan guna pembahasan Perubahan Tata Gereja serta Penetapan Kredo GMIM ini di hadiri langsung Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, DR Yasonna Laoly, yang di dampingi Gubernur provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, serta Dirjen Bimas Kristen Odita Hutabarat.

_MG_0756 _MG_0857Bupati Minahasa, Drs Jantje Wowiling Sajow Msi, selaku Ketua Paniti  mengatakan sangat berterima kasih karena Kabupaten Minahasa mendapat kepercayaan dalam menyelengarakan kegiatan bergengsi tingkat Sinode ini, “ Minahasa Sudah dua kali menjadi tempat pelaksanaan Sidang Sinode GMIM, dan ini merupakan kepercayaan yang di berikan oleh GMIM, dan atasnya itu saya ucapkan banyak terima kasih, juga penghargaan yang setinggi -tingginya di ucapkan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) yang telah bersedia hadir dalam pembukaan Sidang Sinode, ini merupakan hal yang sangat bersejarah di GMIM, karena baru kali ini ada seorang menteri bisa hadir di kegiatan yang di lakukan GMIM,” Ujar Sajow.

_MG_0887_MG_0821Sementara itu, Dirjen Bimas Kristen Odita Hutabarat, meminta kiranya Sidang Sinode Istimewa bukan saja sekedar memperbaiki Tata Gereja tetapi terus memperbaharui diri sebagai Gereja yang ada di tengah Dunia.

“ Ada semboyan dari Tokoh Reformasi Gereja dimana Gereja  tidak bisa diam saja  namun harus memperbaharui diri dan  pembaharuan itu harus selalu di sesuaikan dengan kehendak Tuhan yang di mulai dengan pembaharuan budi sehinga seluruh upaya Sinode GMIM akan di berkati Tuhan Sejauh mana melaksanakan dengan tulus Hati juga keiklasan sehingga bisa di pakai oleh Tuhan untuk mengembangkan gereja di muka bumi ini,” ujar Sajow.

Sidang sinode yang di adakan, lanjut Bupati Sajow, akan menghasilkan langkah langkah strategis dan kesepakatan berdasarkan firman Tuhan dan kiranya sinode GMIM dapat terus meningkatkan pelayananya dan provinsi Sulawesi Utara akan lebih di kenal dengan semboyan ‘Torang Samua Basudara’, di mana motorium Kerukunan terwujud, serta Provinsi Sulawesi Utara akan menjadi contoh bagi Provinsi lainya karena disinilah Kristus Hadir. terlebih Gereja – gereja tidak bisa mempermalukan Kristus.

Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (sulut), Olly Dondokambey SE
Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (sulut), Olly Dondokambey SE

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (sulut), Olly Dondokambey SE, mengatakan Pihaknya  mengharapkan kiranya Kerja sama  Gereja  dan pemerintah selalu jalan beriringan dalam mensejahterakan rakyat.

“Saya mengharapkan Antara Gereja dan Pemerintah selalu berjalan seiringan demi rakyat yang kita cintai khususnya di sulawesi utara karena pemerintah kepanjangan tanganya adalah gereja di dalam menjalankan tugas pemerintah untuk mensejahterakan rakyat, yang di dalamya ada Gereja Masehi Injili  di Minahasa,  apalagi GMIM merupakan Gereja yang sangat besar di Negara tercinta Republik Indonesia walaupun hanya berada di Minahasa. Kita tahu  persis peran Gereja – gereja yang ada selalu bekerja sama dengan Pemerintah sehingga peran antara Pemerintah dengan Gereja bisa berjalan dengan baik,” urai Gubernur.

Walaupun di akuinya  perkembangan dunia telah memperhadapkan  gereja pada suatu kondisi pelayanan yang semakin berat dan kondusif, “Gereja semakin di tuntuk untuk melakukan yang baru dalam penataan dan pembenahan di berbagai aspek agar tatanan umat Tuhan tidak terbuai dengan kondisi yang menyebabkan kualitas Iman Jemaat semakin memudar, serta motivasi memuji Tuhan dapat menurun yang pada akhirnya dapat merusak kualitas para pengikut Yesus dan realitas ini akan menjadi tantangan yang harus berkompetisi dan di carikan solusi yang kongkrit oleh setiap Pelayanan Gerejawi termasuk GMIM, dan saya mengharapkan agar  GMIM terus berkompetisi aktif, serta membina kerja sama yang baik antara Pimpinan Sinode sampai ke jemaat,” Pintanya.

_MG_0915IMG_0922Dibagian lain,  Menkumham, Yosanna Laoly  dalam sambutannya mendorong warga GMIM bisa bersama dalam membasmi akan peredaran Narkoba yang saat ini yang tengah meneror Penduduk Indonesia, bukan saja yang orang dewasa namun anak- anak yang sudah mulai terpengaruh akan barang haram ini.

“Karena negara kita sudah menjadi pasar utama pengedar narkoba di dunia dan sasaranya adalah anak – anak . Dan ini adalah sesuatu yang mengancam akan generasi muda kita kedepan kalau kita tidak sama sama ikut memeranginnya  untuk itu di perlukan peran gereja di dalamya dan peran gereja adalah peran penting untuk bersama dengan pemerintah untuk mengantisipasinya melalui mimbar- mimbar  gereja maupun program – program pelayanan  gereja di mana dapat menyadarkan jemaat kita jika di dapati ada kegiatan yang seperti ini dan kita tidak bole diam,” terang Menteri.

_MG_0937“Gereja berperan aktif dalam memerangi narkoba, bersama dengan kejahatan kekerasan lainya, dan Gereja harus berperan penting dalam menangkal akan Penyakit Masyarakat ini, juga peran Gereja lainya adalah  sebagai pengemban Misi lainya seperti Pendidikan dan Kebudayaan.

Gereja jangan terpaku dan terjebak pada persoalan Birokrasi dan perebutan Jabatan, lanjut Menteri, namun harus terus Mereformasi diri dan saya yakin GMIM akan mampu menjawab melalui perubahan Tata Gereja dan Penetapan Kredo GMIM sebagai jawaban tantangan umat dewasa ini.

Dalam kegiatan tersebut di lakukan Penanda Tanganan MoU penyusunan Ranperda  Antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersama Kepala Daerah Bupati dan Walikota di seluruh Jajaran Sulawesi Utara.

Tampak Hadir Forkopimda Sulut, Para Bupati dan Wakil Bupati se Sulut beserta Walikota dan Wakil Walikota se sulut, Uskup Manado dan Pemuka Agama Lainya.

_MG_0833_MG_0859Dalam meramaikan suasana para peserta di suguhi Alunan Musik Kolintang yang di bawakan Oleh Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow MSi, beserta krunya yang lain, dan kegiatan Sidang Sinode Istimewa ini langsung di Gelar dengan Di buka Ketua Badan Pekerja Sinode GMIM Pdt DR HWB Sumakul. (Noldy)

(Visited 286 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *