Chat kami sekarang

Dipusatkan di Wuwuk Tareran, Upacara TMMD Suguhkan Atraksi Pembebasan Sandera

Sulutpos.com, Amurang – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey SE, dipercayakan sebagai Inspektur Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-96, yang dilaksanakan di lapangan desa Wuwuk, Kecamatan Tareran Minahasa Selatan (Minsel) ,Selasa (3/5). Sekaligus Dondokambey dikukuhkan sebagai Warga Kehormatan Yonif Raider 712/Wt.

Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-96
Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-96

Dalam sambutannya, Dondokambey membacakan amanat Pangdam VII/WRB selaku PKO TMMD TA.2016, bahwa melalui TMMD ini, sangat dibutuhkan kerjasama secara terpadu dan berkelanjutan antara TNI, Polri, Kementerian, lembaga pemerintahan non kementerian dan masyarakat yang mensinergikan untuk membantu percepatan pembangunan didaerah.

“Tujuan diselenggarakannya TMMD adalah untuk membantu daerah dalam rangka meningkatkan akselerasi pembangunan agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat memantapkan wawasan kebangsaan membangun persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Dondokambey.

Hal ini akan, lanjut Gubernur, akan meningkatkan kesadaran bela negara dalam rangka menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia. TMMD merupakan sebuah langkah nyata dalam memantapkan hubungan TNI dengan rakyat yang sudah terjalin sejak perjuangan kemerdekaan.

Selesai melaksanakan upacara pembukaan, dilanjutkan dengan demonstrasi Tari Maumere oleh ibu-ibu Persit Kodim 1302/Min, serta demo pembebasan sandera oleh Yonif Raider 712/Wt dan pembagian sembako secara simbolis oleh Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Bupati Minahasa Selatan (Minsel), dan Danrem 131/Stg Brigjen TNI Sulaiman Agusto,SIP,MM, yang dilanjutkan dengan meninjau pelaksanaan pengobatan gratis dan pemasangan alat KB.

Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-96.
Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-96. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, penandatanganan pembukaan program TMMD, Dandim 1302 Minahasa Letkol Czi M Andhy Kusuma (kanan) dan Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu.

Dandim 1302 Minahasa, Letkol Czi M Andhy Kusuma, sebelumnya mengatakan melalui kegiatan ini, pihaknya akan membangun jalan sepanjang 5.300 meter, yang menghubungkan desa Wuwuk Kecamatan Tareran dan desa Kapoya Kecamatan Suluun-Tareran.

“Untuk pengerjaannya akan melibatkan sekitar 150 personil dan dibantu personil dari Kepolisian, Pemkab dan juga partisipasi masyarakat. Sementara untuk sumber dana pembagunan jalan, didukung APBD Pemda Minsel dan dana dari Kodim Minahasa yang merupakan dana dari pusat digunakan untuk program TMMD. Selain program pembangunan tersebut, ada juga sasaran non fisik seperti penyuluhan seperti penjelasan tentang bahaya radikalisme kepada masyarakat,” ungkap Kusuma.

Sementara itu, terkait dengan kegiatan TMMD yang dipusatkan di Minsel, Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu,SE, mengucapkan terima kasih terhadap kepercayaan sebagai tuan rumah, karena ini merupakan suatu keuntungan bagi Minsel.

“Untuk itu selaku kepala daerah, Kami sangat mendukungnya, dan memberikan apresiasi terhadap upaya pihak TNI dalam memberikan peranan nyata bagi pembangunan demi peningkatan kesejahteraan rakyat dan kemajuan daerah,” ucap Bupati Paruntu.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Wakapolda Sulut, Kajati Sulut, Danlantamal, Danlanudsri, Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu,SE dan Wakil Bupati Franky Donny Wongkar,SH, Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow, serta para Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Forkompida Minsel, Dansat jajaran Korem 131/Stg.(Andre Dotz)

(Visited 1.306 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *