Gelombang Pasang Hantam Beberapa Rumah Di Pesisir Pantai Amurang

Sulutpos.com, Amurang – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dan sekitarnya mulai Senin (20/6), menyebabkan naiknya gelombang laut dibeberapa tempat di pesisir pantai Amurang. Dan mengakibatkan beberapa rumah dan perahu milik warga rusak, yang kerugiannya mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa Selatan Hendrie Komaling ketika dikonfirmasi menyebutkan, bahwa akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Amurang Raya dan sekitar beberapa hari belakangan ini, menyebabkan terjadinya bencana gelombang pasang yang dirasakan warga pesisir pantai Amurang.

Seperti halnya di Kelurahan Ranomea Lingkungan 1, terdapat satu rumah milik Keluarga Sasela-Repi mengalami rusak berat akibat hantaman ombak yang terjadi sekitar jam 4 sore Senin (20/6). Selain rumah yang rusak, 1 unit perahu dengan alat tangkap juga rusak terseret ombak, yang total kerugiannya sekitar 166 juta rupiah.

Kondisi yang sama terjadi di Kelurahan Ranoyapo Kecamatan Amurang, tepatnya di Lingkungan V, rumah milik Rengkung-Durant mengalami rusak berat akibat gelombang pasang yang terjadi Selasa (21/6) sekitar pukul 03.00 Wita, begitu pula beberapa rumah lainnya mengalami rusak ringan, masing-masing rumah milik Keluarga Lani Monoarfa, Keluarga Mononimbar-Lambone, Keluarga Nelwan-Yohan, dan rumah milik Keluarga Mononimbar-Budiman, dengan perkiraan kerugian mencapai 90 juta rupiah.

Terkait dengan cuaca ekstrim yang melanda Kabupaten Minsel dan sekitarnya belakangan ini, Komaling menghimbau masyarakat yang pemukimannya berada di wilayah rawan bencana, seperti di perbukitan, pinggiran sungai, dan di pesisir pantai untuk senantiasa waspada bencana. Termasuk pula para nelayan, dihimbau agar memperhitungkan atau melihat situasi cuaca jika ingin melaut. (Andre Dotz)

(Visited 461 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact us
1
Hello
Ada yang bisa kami bantu?