Salib IYD di Paroki Santo Fransiskus Xaverius Pineleng Bawa Berkat Bagi Umat

Sulutpos.com, Manado – Terlihat antusias umat beriman menyambut Prosesi Salib Indonesian Youth Day (IYD), khususnya di Paroki Pineleng, (10/9/2016). Kerumunan warga, mulai dari anak-anak sampai usia lanjut berbaur menjadi satu demi melihat dari dekat Salib yang sudah melintasi hampir separuh wilayah Indonesia.

Prosesi Salib Indonesian Youth Day disambut dengan Tarian Selendang Biru WKRI Sta. Veronika.
Prosesi Salib Indonesian Youth Day disambut dengan Tarian Selendang Biru WKRI Sta. Veronika.

Prosesi perjalanan Salib IYD ini merupakan rangkaian dari Kegiatan Hari Orang Muda Katolik yang sudah berlangsung di Sanggau, Kalimantan Barat, 20-26 Oktober 2012 lalu.

Di Paroki Pineleng, Salib IYD langsung diarak oleh Pastor Paroki Rhein Saneba Pr, kerumah umat dalam wilayah rohani.

Dengan kegiatan IYD ini, bagi  muda-mudi katolik diharapkan agar karakter dan nilai yang baik dapat dinyatakan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu di kehidupan berbangsa dan bergereja.

Seperti yang disampaikan oleh tokoh muda Katolik Pineleng, Ir Alfrets Sepang. Menurut Sepang, perilaku hidup orang muda sudah seharusnya memiliki semboyan ‘Injil di Dadaku, Kristus di Hidupku’.

“Generasi muda adalah harapan untuk membangun Bangsa dan Gereja, tentunya dalam tugas dan pekerjaannya masing-masing,” ujar Sepang.

Dibagian lain, Boy Pangemanan selaku tokoh umat Katolik mengaku gembira karena Salib IYD dapat sampai di Paroki Santo Fransiskus Xaverius Pineleng, ” Hal ini adalah berkat tersendiri bagi kami sebagai umat, membawa perdamaian dan kebahagian,” katanya.

Bagi Gereja sendiri peran kaum muda di dalam dunia sungguh tidak tergantikan. Hal ini nyata diungkapkan dalam dekrit konsili Vatikan II tentang kerasulan awam “Apostolicam Actuositatem” artikel 12, yang memandang kaum muda sebagai kekuatan yang amat penting dalam masyarakat.[nv]

(Visited 938 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact us
1
Hello
Ada yang bisa kami bantu?