SAS : Maknai Peringatan Hari Kelahiran Pancasila

Sulutpos.com, Tomohon – Pemerintah Kota Tomohon menggelar Apel Korpri yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Kelahiran Pancasila yang dilaksanakan di Lapangan Kantor Walikota Tomohon, Senin (20/06/16) yang diikuti seluruh ASN dan tenaga kontrak yang ada di Tomohon. Sebelumnya  Presiden Joko Widodo telah mengumumkan tanggal 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila sekaligus sebagai hari libur nasional.

Pada perayaan hari lahir pancasila 1 Juni 2016 lalu, Presiden mengatakan Pancasila Benteng Melawan Radikalisme. Hal ini selaras dengan tema Hari Peringatan kelahiran Pancasila tahun 2016, yakni Pancasila Ideologi Bangsaku, Gotong Royong Semangat Negeriku.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan, mengatakan bahwa pelaksanaan apel ini merupakan momentum bagi segenap anggota Korpri di jajaran Pemerintah Kota Tomohon untuk melakukan evaluasi, intropeksi, dalam rangka penguatan kualitas maupun kuantitas kinerja dan pengabdian serta dedikasi yang tinggi dalam mengemban tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dengan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila.

“Saya berharap Korpri dapat terus memantapkan dirinya sebagai sebuah organisasi yang semakin solid dan makin profesional, juga para anggotanya dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara dengan lebih baik dan dalam kondisi siap untuk terus bekerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas dalam meningkatkan pengabdian dan produktifitas mewujudkan jajaran birokrasi yang makin profesional dan handal, yaitu jajaran birokrasi yang sanggup menghadirkan kualitas pelayanan publik yang terbaik,” ujar Sompotan mengutip sambutan Walikota.

Menurutnya, tepat tanggal 17 Juni 2016 yang lalu merupakan usia ke-empat bulan Walikota dan Wakil Walikota periode 2016-2021 dalam melaksanakan tugas pemerintah dan pelayanan masyarakat. “Dikurun waktu waktu ini saya mengajak seluruh anggota korpri selaku ASN untuk terus memberikan kontribusi aktif dan positif dalam merealisasikan visi dan misi Kota Tomohon 2016-2021 melalui program dan kegiatan yang sementara dan akan dilaksanakan nanti.

“Ada 7 program prioritas yang akan dikonkritkan dalam Program Dedicated yang menjadi program unggulan Walikota dan Wakil Walikota yang disebut “EMAS TOMOHON” yaitu E (E-Government – 7 kegiatan prioritas) M (Mengubah Wajah Kota – 7 kegiatan prioritas) A (Akselerasi Pembangunan – 37 kegiatan prioritas) S (Smart City Services – 17 kegiatan prioritas),” papar Sompotan.

Seperti diketahui, Program ini merupakan Legitimasi Janji Kampanye Walikota dan Wawali yang sudah disampaikan pada masyarakat waktu yang lalu dan akan dijadikan dasar penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tomohon. Juga dalam waktu dekat ini akan digelar iven berskala internasional yaitu Tomohon International Flower Festival (TIFF) pada tanggal 8-12 Agustus 2016 yang tahapannya sudah diawali dengan kegiatan Launching TIFF 2016 di Jakarta pada tanggal 29 Mei dan kegiatan Roadshow di Kota Batam 5 Juni ini.

“Di tahun 2017 nanti kita berencana akan meningkatkan Pelayanan Publik sebagaimana Program Dedicated EMAS Smart City Service yang akan diawali dengan relokasi pusat pelayanan perkantoran yang sifatnya pelayanan publik di kompleks Perkantoran Walikota Tomohon,” jelas wawali.

Sompotan juga mengingatkan 9 karakter atas pelayanan yang harus dimiliki yakni loyal pada atasan, konsisten antara ucapan dan perkataan, bertanggung jawab, melindungi bahkan mengembangkan bawahan, taat undang-undang, nasionalis, berani mengambil keputusan dan menanggung resiko dan semangat solidaritas sebagai ASN.

Diakhir sambutannya, Wawali memberikan apreasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh Warga Kota Tomohon dan Warga Korpri yang telah bersinergi dan bekerja keras dalam mewujudkan Pemerintahan yang baik dan bersih (good governance and clean government) dimana salah satu indikator keberhasilan yang telah kita raih dan pertahankan di bidang pengelolaan keuangan yakni Opini BPK Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) telah tiga kali berturut-turut ditorehkan masyarakat dan pemerintah Kota Tomohon.

“Mengatasnamakan Pemerintah Kota Tomohon saya mengucapkan selamat memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2016 kepada suluruh jajaran Korpri Kota Tomohon bersama segenap masyarakat Kota Tomohon, marilah kita hayati dan amalkan nilai-nilai yang terkandung Pancasila sehingga dapat menjadi kekuatan dalam mempertahankan NKRI yang sama-sama kita banggakan,” tutup Sompotan. [Glenn Kapele]

(Visited 288 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact us
1
Hello
Ada yang bisa kami bantu?