Wujudkan Taman Teknologi Pertanian di Minsel, Pemkab Tentukan Lahan 25-50 Hektar

Sulutpos.com, Amurang – Rencana pembangunan Taman Teknologi Pertanian di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dipastikan akan dimulai pada tahun 2017 mendatang. Untuk itu, guna persiapan kepentingan pembangunan tersebut terus digenjot dan harus dituntaskan tahun ini.

Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu,SE
Bupati Minahasa Selatan, Christiany Eugenia Paruntu,SE

Menurut Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu,SE, mengaku bahwa hasil pertemuan antara Pemkab Minsel dengan Litbang Kementerian Pertanian memastikan bahwa Minsel akan menjadi pilot project untuk lokasi Agro Widia Wisata.

Sebagaimana diketahui hingga saat ini belum ada daerah di Indonesia yang menjadi pilot project. Dan Minsel atas lobi-lobi ke Kementerian, mendapatkan bantuan pembangunan Taman Teknologi Pertanian khusus kluster perkelapaan, dan ini merupakan pilot project Agro Widia Wisata.

Paruntu mengungkapkan bahwa hal ini harus segera ditindaklanjuti dengan cepat. Untuk itu demi memantapkan program ini, pihak Pemkab Minsel akan menyiapkan lahan untuk dijadikan lokasinya. Dan rencananya akan mencari sentra kelapa di Minsel, dan dinilai wilayah yang berpotensi adalah Tenga dan Sinonsayang.

Sementara itu, Kadis Kehutanan Minsel Frans Tilaar ketika dihubungi menambahkan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan menuntaskan masalah pengadaan lahan, “Diperlukan sekitar 25-50 hektar lahan untuk memantapkan program ini. Bisa dipastikan akhir 2016 ini, lahan tersebut telah tuntas,” papar Tilaar.

Tilaar melanjutkan, manfaat keberadaan taman teknologi tersebut akan langsung dirasakan petani kelapa di Minsel, karena lokasi tersebut akan menjadi tempat pembelajaran bagi para petani. (Andre Dotz)

(Visited 856 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact us
1
Hello
Ada yang bisa kami bantu?