Chat kami sekarang

Hari Ini Pendaftaran Calon Kumtua Ditutup, Beberapa Desa Terancam Dibuka Pendaftaran Ulang

Sulutpos.com, Amurang – Tahapan pendaftaran calon hukum tua (Kumtua) pada pelaksanaan Pemilihan Kumtua (Pilhut) serentak di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) akan ditutup Rabu (13/7). Hal ini disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Minsel Benny Lumingkewas.

Lumingkewas mengungkapkan, bahwa sesuai dengan jadwal atau tahapan yang disusun untuk Pilhut serentak tahun 2016 ini, masa pendaftaran calon kumtua berlangsung selama sembilan hari. Dalam hal ini telah dibuka mulai tanggal 5 Juli lalu, dan akan ditutup pada Rabu 13 Juli.

“Mengenai persyaratan jumlah peserta Pilhut, minimal terdapat 2 calon dan maksimal 5 calon. Jika nantinya lebih dari 5 calon, maka akan dilakukan seleksi oleh tim seleksi kabupaten. Lain hal lagi, jika ada desa yang pada pendaftaran kurang dari 2 calon, maka akan dibuka kembali pendaftaran calon,” jelas Lumingkewas.

Sebagaimana penelusuran beberapa desa yang akan melakukan Pilhut serentak di Minsel, terdapat beberapa desa yang terancam bakal dibuka kembali pendaftaran calon, menyusul jelang penutupan masa pendaftaran jumlah calon belum mencapai persyaraatan. Begitupun ada sejumlah calon dari beberapa desa yang nantinya akan diseleksi tim seleksi kabupaten karena jumlahnya melebihi 5 calon.

Diketahui, Pilhut serentak di Kabupaten Minsel pada tahun 2016 ini, terdapat 49 desa yang akan menggelar Pilhut dari 167 desa di Minsel. Sedianya pemungutan suara akan dilaksanakan pada 31 Agustus 2016 mendatang. (Andre Dotz)

(Visited 425 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *