Chat kami sekarang

Penyaluran Tahap I Capai 60 Miliar, Inspektorat Ditantang Periksa Realisasi Dandes Disetiap Desa

Sulutpos.com, Amurang – Penyaluran Dana Desa (Dandes) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) untuk tahap I mencapai angka 60 miliyar lebih. Dana tersebut disalurkan dengan total bervariasi di 167 desa yang ada, dan hingga saat ini masih ada yang sementara diproses pencairan dana tersebut.

Tokoh masyarakat Minsel Willem Mononimbar mengungkapkan, terkait dengan Dandes yang anggarannya berasal dari pemerintah pusat ini, diharapkan mampu dikelola sebagaimana peruntukan dan mampu dipertanggung jawabkan.

“Dengan anggaran yang bukan sedikit ini, kiranya tidak akan ada kumtua maupun jajaran pemerintah desa yang sampai berurusan dengan hukum. Untuk itu dalam pengelolaan dan penggunaan dana tersebut dimintakan agar senantiasa transparan,” ujar Mononimbar.

Terpisah Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Minsel Drs Benny Lumingkewas berharap agar semua pihak termasuk masyarakat ikut melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana desa.

“Kalau perlu pihak Inspektorat turun langsung melakukan pemeriksaan disetiap desa, dan jika memang ditemui ada penyelewengan maka kami mendukung untuk proses penindakan selanjutnya,” tutur Lumingkewas, sembari menambahkan jika pencairan Dandes tahun ini hanya akan dilakukan dua tahap, yang realisasi tahap kedua pada bulan Agustus mendatang. (Andre Dotz)

(Visited 522 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *