Kartu Identitas Anak Di Minsel Segera di Anggarkan Melalui APBD Tahun 2017

Sulutpos.com, Amurang – Rencana untuk perekaman serta penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kabupaten Minahasa Selatan bakal mulai diterapkan ditahun 2017 mendatang. Sebagaimana penganggaran program tersebut dikabarkan telah dimasukkan dalam rencana APBD Minsel tahun 2017.

Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Minsel Corneles Mononimbar ketika dikonfirmasi memastikan bahwa saat ini pihaknya telah tuntas menyusun Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) agar bisa dianggarkan pada APBD 2017 nanti.

“Terkait dengan penganggaran program ini, ‎Minsel akan menganggarkan dana berkisar 600 hingga 800 juta rupiah. Dalam penerapan KIA terdapat sejumlah alat yang harus dipersiapkan, seperti peralatan cetak serta mesin perekaman, komputer, camera serta server dan chip. Ini sama halnya dengan tahapan penerbitan KTP elektronik, dan datanya akan tersimpan di server se Indonesia,” ujar Mononimbar.

Demi suksesnya program Kartu Identitas Anak ini, Mononimbar mengharapkan adanya peran aktif dari pemerintah desa, kecamatan serta masyarakat.

“Pihak pemerintah desa dan kecamatan kiranya sudah boleh mendata warganya yang berusia dibawah 17 tahun, agar saat perekaman dan pencetakan dilakukan, Minsel sudah benar-benar siap,” pungkasnya. (Andre Dotz)

(Visited 394 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *