Chat kami sekarang

Wongkar Jadi Inspektur Upacara HUT RI di Rutan Amurang, 111 Tahanan Dapat Remisi

Sulutpos.com, Amurang – Sebanyak 111 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Amurang mendapat remisi atau pengurangan masa menjalani pidana. Pemberian remisi tersebut dilaksanakan melalui upacara bendera, Rabu 17 Agustus 2016 dalam momentum HUT RI ke 71 yang dilaksanakan di lapangan Rutan Amurang di desa Teep Trans, Kecamatan Amurang Barat.

Wakil Bupati Franky Wongkar,SH didampingi Kepala Rutan Amurang Marulye Simbolon,SH saat memberikan SK Remisi dan uang jalan dari Gubernur Olly Dondokambey kepada salah satu Warga Binaan Pemasyarakatan yang sudah bebas dari masa pidana
Wakil Bupati Franky Wongkar,SH didampingi Kepala Rutan Amurang Marulye Simbolon,SH saat memberikan SK Remisi dan uang jalan dari Gubernur Olly Dondokambey kepada salah satu Warga Binaan Pemasyarakatan yang sudah bebas dari masa pidana

Sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Minsel Franky Wongkar,SH, dalam membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI menghimbau agar para jajaran pemasyarakatan di Rutan Amurang untuk senantiasa menjalankan tugasnya dengan profesional, dan tetap menjaga situasi keamanan. Begitu pula para warga binaan di Rutan Amurang, dihimbau untuk tetap menunjukkan prilaku yang baik, sebagai suatu proses perubahan yang nantinya akan kembali dilingkungan masyarakat.

“Setiap narapidana mempunyai hak untuk mendapatkan pengurangan masa menjalani pidana. Melalui remisi, dapat mempercepat proses kembalinya narapidana dalam kehidupan masyarakat. Percepatan ini juga akan memperbaiki kualitas hubungan narapidana dengan keluarganya. Karena bagaimanapun seorang narapidana adalah bagian yang tak terpisahkan dari suatu keluarga, yang mempunyai kewajiban menjalankan perannya sebagai anggota keluarga,” tutur Wongkar membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly.

Dibagian lain Kepala Rutan Amurang Marulye Simbolon ketika diwawancara usai upacara tersebut menjelaskan, bahwa pemberian remisi ini bervariasi, mulai dari 1 bulan hingga 5 bulan pengurangan masa tahanan.

“Dari 111 tahanan yang mendapat remisi, terdapat satu diantaranya dinyatakan bebas, dan menerima uang transportasi dari Gubernur Olly Dondokambey. Pemberian remisi ini merupakan hak dari seluruh warga binaan selama dalam masa tahanan, dilihat dari kelakuan para tahanan selama menjalani hukuman di Rutan,” ujar Simbolon, sembari menambahkan bahwa kini jumlah warga binaan di Rutan Amurang sudah mencapai 204 orang, meski hanya berkapasitas 182 tahanan.

Turut hadir pada upacara yang dimulai sekitar pukul 06.45 wita tersebut, yakni unsur Forkopimda Minsel, serta beberapa pejabat Pemkab Minsel. (Andre Dotz)

(Visited 345 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *