Di Makodim 1302, JWS Serahkan Secara Simbolis Hewan Kurban Pemkab Minahasa

Sulutpos.com, Tondano – Makodim 1302 minahasa menjadi tempat penyerahan Hewan Kurban Secara Simbolis dari Pemerintah Kabupaten Minahasa dalam Hari raya Idul Adha 1314 H di tahun 2016 ini.

Sebanyak 11 Ekor Sapi sediaan Pemerintah Kabupaten Minahasa yang di dalamnyapun ada 1 ekor Sapi Sumbangan Kel Sajow Singkoh,  ini di salurkan di beberapa tempat se Kabupaten Minahasa dan untuk Kecamatan Tondano raya, di serahkan langsung  Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, di halaman Markas Kodim 1302 Minahasa, dan terima Letkol CZI Andi Khusuma SSos, selaku Komandan Kodim, dan turut disaksikan Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair SIK.

Sebelum Penyerahan hewan kurban, Bupati JWS bersama jajaran pemerintahan lainya melakukan Ibadah Sholat Ied bersama dengan Jamaah Kapung Jawa Tondano.

Dalam sambutanya Sajow Mengatakan, Hari raya Korban merupakan momentum sebagai pencerahan Jiwa, sebab dengan berkurban berarti Manusia akan terhubung dengan ketaqwaan Kepada Allah SWT.

” Dengan Berkurban kita bisa memupuk keiklasan, kesabaran, kejujuran,yang bisa mebimbing umat semakin dekat dengan Allah dan semakin Mencintai Allah, disamping itupun akan bisa mempererat tali persaudaraan serta rasa solidaritas dengan sesama saudara yang membutuhkan,” ujar Sajow.

Menurut Sajow dengan Berkurban, maka akan tercermin kerelaan Umat Muslim untuk mengorbankan apa yang di Milikinya sebagai Wujud ketaatan terhadap semua perintah Allah.

” Kurban memiliki makna rohani dan kemanusiaan sebagai bukti aktual dalam kebersamaan serta rasa sepenangungan dengan sesama, terlebih bagi mereka yang kurang mampu, yang di mana dengan ini akan mempertinggi rasa ketaqwaan sosial dan membangun empati terhadap sesama Ciptaan Tuhan,”. Terangnya.

Kepada Jamaahpun JWS meminta agar bisa mempertahankan serta menjaga kebersamaan di Wilayah Minahasa, membina dan meningkatkan juga menegakan kehidupan beragama yang merupakan tugas bersama dalam menumbuhkan keharmonisan hidup yang telah tercipta.

“Mari jaga toleransi yang terlah terbina selama ini. Ciptakan terus  kerukunan yang ada, karena Kampung Jawa sudah terkenal dimana-mana soal toleransinya. Kita boleh berbeda tapi harus tetap satu, jangan biarkan perpecahan menguasai kita. Wujud dari pengorbanan juga adalah bagaimana kita bisa hidup berdampingan satu dengan lainnya. Saya bangga bisa merayakan bersama-sama Hari Raya Kurban dengan umat Muslim. Terima kasih karena umat Muslim bisa bersatu dengan orang Minahasa dan bolah hidup rukun dan damai, serta mari   bantu aparat Kepolisian dan Pemerintah dalam mewujudkan Kamtibmas di Minahasa,” Pintanya.

Adapun agenda  penyaluran Hewan Kurban di tahun ini,  Wakil Bupati Ivan Sarundajang menyerahkan hewan Kurban di Mesjid Baithul Iklas Desa Waleure Kecamatan Langowan Timur, Sekdakab Jeffry Korengkeng SH MSi di Mesjid Al Mutaqim Desa Pineleng Dua Kecamatan Pineleng, Asisten I Dr Denny Mangala MSi di Mesjid Nurul Tagwa Desa Sea Kecamatan Pineleng, Asisten II Dr SW Siagian MA di Mesjid Al Amin Desa Tateli Dua Kecamatan Mandolang, Asisten III Hetty Rumagit SH di Mesjid Al Hijrah Kelurahan Rinegetan Kecamatan Tondano Barat, Inspektur Kabupaten Frits Muntu SSos di Mesjid At Tagwa Desa Paslaten Kecamatan Remboken. Disamping itu ada juga beberapara pejabat yang akan menyerahkannya di Mesjid Al Tagwa Desa Waleure Tiga Kecamatan Langowan Timur, di Mesjid Al Mudjahirin Desa Kalasey Satu Kecamatan Mandolang dan di Mesjid At Tagwa Desa Bukit Tinggi Kecamatan Kakas Barat.( Ody).

 

(Visited 300 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *