Terkait Penundaan Batas Waktu Perekaman KTP-el, Disdukcapil Minsel Tunggu Edaran Resmi

Sulutpos.com, Amurang – Pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Minahasa Selatan (Minsel) kini menunggu edaran resmi dari pusat, terkait penundaan batas waktu perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) sebagaimana disampaikan Menteri Dalam Negeri dibeberapa media baru-baru ini.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Minsel, Corneles Mononimbar,
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Minsel, Corneles Mononimbar,

Menurut Kepala Disdukcapil Minsel Corneles Mononimbar, bahwa pihaknya telah mengetahui kabar tersebut melalui media, namun hingga kini belum ada informasi secara resmi yang diterima langsung pihaknya terkait hal tersebut.

“Sebagaimana ada informasi dari Mendagri melalui media terkait perpanjangan waktu perekaman KTP-el, pada dasarnya kami sebagai Dinas yang mengantongi SK Menteri Dalam Negeri pastinya kami menghormati dan siap menindak-lanjuti petunjuk menteri. Namun hal ini akan ditindak-lanjuti jika sudah ada petunjuk resmi berupa edaran dari pusat untuk perpanjangan waktu tersebut,” ujar Mononimbar.

Lebih lanjut Mononimbar mengakui, bahwa dengan sebelumnya ada batas waktu perekaman hingga September 2016, pihaknya seakan kewalahan melakukan pelayanan karena membludaknya masyarakat yang datang, bahkan pihaknya harus melakukan pelayanan ekstra berupa penambahan jam hingga malam hari, bahkan juga sampai dibuka pelayanan di hari Sabtu maupun di hari Minggu.

“Diakui dengan belum adanya edaran resmi perpanjangan waktu ini, kami seakan kalang-kabut menerima padatnya masyarakat yang ingin dilayani untuk perekaman KTP-el. Dengan situasi ini mengharuskan kami harus tetap memaksimalkan pelayanan dengan upaya penambahan waktu pelayanan hingga malam hari, bahkan sampai dihari Sabtu dan Minggu,” ujar Mononimbar, meski menambahkan jika upaya pelayanan ekstra ini tidak ada biaya tambahan bagi pihaknya.

Sesuai pantauan beberapa hari belakangan ini, aktivitas perkantoran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang letaknya di Kompleks Kantor Bupati Minsel ini, mulai pagi hingga sore hari cukup padat oleh sejumlah masyarakat yang datang mengurus pembuatan KTP-el maupun kartu identitas lainnya seperti Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran. Bahkan dengan situasi kepadatan tersebut, membuat pihak Disdukcapil memprioritaskan pelayanan bagi para lanjut usia maupun ibu hamil. (Andre Dotz)

(Visited 526 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *