Satgas Sapu Bersih Pungli Bekuk Staf ESDM Minahasa

( Foto cover : Kasat Rerkrim Polres Minahasa Iptu Edy Kusniadi)

Sulutpos.com, Tondano – Tim Saber Pungli Polres Minahasa Untuk kedua kalinya berhasil mengaman Praktek Pungutan Liar, kali ini menjerat seorang staf di Dinas dan Energi Sumberdaya Mineral Kabupaten Minahasa.

MS alis Marlon (41) warga desa Tandengan Kecamatan Eris diamankan beserta barang bukti berupa uang hasil bayaran usai melakukan transaksi di lokasi jalan raya Kelurahan Roong, Kecamatan Tondano Barat, kompleks Benteng Moraya pada Jumat ( 19/11) sore.

Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair SIk lewat Kasat Reskrim Iptu Edy Kusniadi saat di sambangi wartawan di ruang kerjanya membenarkan akan penangkapan ini.

“Operasi Tangkap Tangan ( OTT) berhasil berdasarkan laporan masyarakat bahwa dalam pengurusan IMB ini sering di persulit, bahkan oknum ini meminta 30 juta rupiah untuk pengurusanya, dan dari itupun ada saling tawar menawar dari 25 juta rupiah, dan mentok ke 20 juta rupiah, padahal nominal sebenarnya hanya 13,325. ribu rupiah, untuk pajak mineral bukan logam dan batuan,” ujar Kusniadi,

Dari hasil pengembangan selama seminggu lanjut kasat, berdasarkan Sprin Kapolres Minahasa nomor sp 905/ 583/ XI 2016, tanggal 16 nov 2016, serta SK Bupati Minahasa nomor 450 tentang Tim saber pungli ini maka di targetkanlah penangkapan kepada Marlon  yang merupakan dalangnya, aksi tersangkapun langsung di patahkan oleh tim sapu bersih pungli yang memang langsung di pimpin Iptu Edy, sebagai kasatgas penindakan ketika Marlon hendak melakukan transaksi dengan BA alias Bams seorang kontraktor dari perusahan PT Gunung Bulukumba saat mau Mengurus IMB mendirikan bangunan gedung FIK Unima Tondano.

“Pengurusan IMB  sudah sejak bulan Juli, dan sudah ada dua korban yang berhasil di perasnya, Tersangka terjerat dengan pasal 12 huruf e UU No 31 tahun 1999 No 20 tahun 2001,” tentang tindak pidana korupsi dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara serta denda paling sedikit Rp 200 juta, dan paling banyak Rp 1 Miliard,” tutur kasat.

Sebagai bukti penyidikan lebih lanjut, tersangka dan barang bukti kini dibawa ke Makopolres Minahasa.( Ody)

 

(Visited 408 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *