Badan Pengelola Keuangan Pemkab Minahasa Target Awal BPK Sulut

(Foto cover : Tim BPK Sulut saat Sosialisasi Program pemeriksaan di jajaran Pemkab Minahasa )

Sulutpos.com, Tondano – Pengelolah Keuangan Pemkab Minahasa bakal menjadi sasaran pertama Pemeriksaan Oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) tahun anggaran 2016.

Kedatangan Tim BPK guna pemeriksaan terhadap laporan keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) ini diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Jeffry R. Korengkeng, SH,M.Si.

Dalam pertemuan dengan Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa Senin (13/02) BPK Sulut diminta untuk menjadwalkan pemeriksaan sampai 40 hari kedepan

Ketua tim BPK mengatakan bahwa pemeriksaan ini dilakukan bukan untuk menakut nakuti dan mencari-cari kesalahan.
” Pemeriksaan di fokus pada pengelolaan kas, PBB, belanja modal, belanja barang dan jasa, perjalanan dinas dan hal-hal yang lain masalah administrais keuangan,” terangnya.

Sementara Sekda Korengkeng dalam penyampaiannya memintakan kepada seluruh SKPD agar dalam pemeriksaan tersebut, untuk lebih pro aktif, khususnya dalam penyediaan data.

“Saya mintakan semua SKPD untuk pro aktif. Jangan menunda-nunda ketika dimintai dokumen atau keterangan dari pihak pemeriksa,” ujar Korengkeng di dampingi Kepala Inspektorat Frits Muntu, S.sos.

Selain itu dirinya meminta agar semua SKPD menyiapkan dokumen-dokumen keuangan, yang direalisasikan pada pengelolaan anggaran tahun 2016. “Dokumennya juga harus disiapkan dengan baik, agar ketika diminta oleh pemeriksa sudah disiapkan,” tutur Sekda.

Korengkengpun optimis, pengelolaan keuangan yang telah dilaksanakan Pemkab pada tahun 2016 sesuai dengan aturan perundang-undangan, dan Standart Akuntansi Pemerintah (SAP). “Kita pun tetap yakin, nantinya opini yang ada tetap kita pertahankan yakni mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian,” tandasnya.

Sementara itu Kaban Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Minahasa Dra. Ria Suwarno menyampaikan, bagi SKPD agar terus berkoordinasi dalam pemeriksaan tersebut sehingga dapat memperlancar proses pemeriksaan. “Kita sangat mengharapkan kerjasama dari seluruh SKPD, sehingga tidak ada kendala pemeriksaan,” Kata suwarno.

Disamping itu pihaknya sedang mempersiapkan penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang nantinya akan dimasukkan ke pihak BPK.

Kabag Humas Dan Protokol Drs. Moudy Pangerapan, MAP sebagai Juru Bicara Pemkab mengungkapkan, proses pemeriksaan ini juga akan dipantau langsung Bupati Drs. Jantje Wowiling Sajow. ”Hal ini menjadi perhatian serius dari Bupati, makanya dalam pemeriksaan ini akan terus di pantau oleh Bupati,” pungkasnya.( Ody)

(Visited 288 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *