Buka Musrembang, Ivansa Akui Kerinduan Masyarakat Minahasa Belum Seluruhnya Terakomodir

( Foto cover : Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang saat membuka Musrembang di Gedung Pusgiat Tondano )

Sulutpos.com, Tondano – Pemerintah Kabupaten Minahasa Gelar Musyawara Perencanaan Pembangunan ( Musrembang,) dalam program Rencana Kerja Pembangunan Daerah( RKPD) Kabupaten Minahasa tahun 2018, pada Kamis (30/03) bertempat Aula Pusat Kegiatan ( Pusgiat) Tondano Barat.

Kegiatan yang dibuka pagelaranya oleh Wakil Bupati Minahasa Ivan SJ Sarundajang ini hadiri Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, serta diikuti perutusan dari setiap SKPD dan Staf Kecamatan.

Wabup Ivansa dikesempatan itu menyampaikan, bahwa Musrenbang di Minahasa sebenarnya sudah berjalan baik secara Bottom Up, dari bawah ke atas, namun ada banyak kendala, yaitu, apa yang diusulkan tidak muncul didalam APBD,” hal ini terjadi karna dalam penyusunan APBD ada proses Politik termasuk reses dari DPRD dan skala Prioritas yang harus didahulukan oleh Pemerintah termasuk penanganan Bencana Alam,” Terang Wabup.

Wabup pun berharap agar masyarakat tidak kecewa jika apa yang menjadi kerinduannya belum terakomodir karna beberapa faktor,” jika keinginan masyarakat bisa mencapai 40 persen saja, itu sudah bagus,” ujarnya sembari mengingatkan agar masyarakat jangan terprovokasi jika usulannya belum terakomodir.

Sementara Ketua DPRD Jemes Rawung didepan peserta Kegiatan memgatakan Musrembang yang digelar ini merupakan Forum antar pemangku kepentingan yang melibatkan berbagai unsur dalam rangka mensejahterakan masyarakat dengan akses kebijakan, penajaman RKPD, Kebijakan prioritas Pemerintah Propinsi dan tertuang dalam penyusunan rencana kerja Daerah.

” Kami berharap lewat kegiatan ini akan ada Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda), sekaligus meniadakan Perda yang tidak sesuai lagi dengan situasi saat ini. Kami memberikan apresiasi atas mutu Pendidikan dengan harapan untuk selalu ditingkatkan. Penyesuaian program dengan Pemprov, Pendataan Aset Tenaga Pendidik dan yang dididik (Guru dan Murid), Sistem jaminan kesehatan kepada masyarakat dengan dukungan data yang akurat serta dana juga pengadaan Poskesdes dengan fasilitas yang memadai,” ujarnya.

” Kedepan harus ada peningkatan Pelayanan mutu RSUD Sam Ratulangi, Populasi Pengembangan Peternakan, menyambut MEA harus ada revitalisasi pelayanan, Dana Desa yang besar harus ada pertanggung jawaban serta diberikan pendampingan dan Camat mampu menyelesaikan permasalahan diwilayahnya baik penyelesaian tapal batas, pembangunan infrastruktur dengan memperhatikan tata ruang wilayah, potensi alam harus dioptimalkan, otonomi daerah dengan prinsip transparansi, realisasi serta konsep Good Government dengan efektivitas dan akuntabilitas.” Pintahnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemaparan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Drs Donald Wagey, yang turut dihadiri yang turut dihadiri oleh sejumlah kepala SKPD Kabupaten Minahasa.( Ody )

(Visited 97 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *