Bupati Sajow Hadiri RAKORNAS Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2017

( Foto cover : Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow MSi, ditengah peserta Rakornas Tim terpadu penanganan Konflik sosial 2017 yang dibuka Mendagri ) 

Sulutpos.com, Jakarta – Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow, M.Si hadiri Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2017 yang bertempat di Hotel Bidakara Jl Jend Gatot Subroto, Rabu, (15/03).

Rapat Koordinasi yang dibuka Menteri Dalam Negeri Thahjo Kumolo ini diawali dengan laporan dari Kepala Dirjen Politik dan Pemerintahan Soedarmo yang menyatakan bahwa pelaksanaan Rakornas tersebut adalah penjabaran dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permen) Nomor 42 Tahun 2015 tentang Pelaksanaan Koordinasi Penanganan Konflik Sosial, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Dalam sambutannya Mendagri menekankan kepada seluruh komponen bangsa untuk memperkuat Koordinasi dalam daerah baik sesama Instasi dan Lembaga, Gubenur, Bupati dan Walikota, TNI, POLRI serta Kejaksaan Agung, BIN dengan melibatkan Tokoh – tokoh agama sehingga penanganan konflik sosial menjadi baik.
“Pembinaan pengawasan integritas penyelenggara Pemerintahan Daerah wajib dilakukan untuk mewujudkan Kondisi Keamanan Nasional dan Daerah”.ujar Kumolo.

” Dalam Rakor ini akan menghasilkan rencana aksi terpadu dan penanganan konflik sosial yang meliputi pencegahan konflik, penghentian konflik serta pemulihan pasca konflik. Dan tentunya akan diukur keberhasilannya lewat monitoring, pelaporan dan evaluasi berjenjang,” jelas Mendagri.

Mendagripun berharap lewat rakornas ini, bakal tercipta koordinasi, konsolidasi serta hubungan yang sinergis antara Tim Terpadu Tingkat Nasional, Provinsi maupun Kabuapten dan Kota.

Dengan mengangkat tema “Optimalisasi peran tim terpadu dalam pelaksanaan koordinasi Penanganan konflik sosial di tingkat pusat dan daerah “, Rakor Nasional Tim terpadu penanganan konflik ini dihadiri Gubernur, Bupati, Walikota, TNI, POLRI, Kejaksaan Agung, Sekda Provinsi, Kabupaten dan Kota Se-Indonesia, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi, Kabupaten dan Kota se Indonesia, dan lembaga dan kementerian terkait.

Sementara Bupati Sajow didampingi Kaban Kesbangpol Kabupaten Minahasa Drs Jorry Gumansing, Kasubag Protokol Shanti Lengkong, S.STP,  Ajudan Bupati Minahasa Serma Fredrik Matindas.

Terkait kegiatan ini Bupati berharap agar pemerintah dan masyarakat Kabuapten Minahasa dapat menjaga stabilitas keamanan dan menekan terjadinya konflik serta bekerjasama dalam penanganannya jika terjadi konflik sosial.( Ody )

(Visited 142 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *