Gelar Seminar Sejarah Adat dan Budaya, JWS Harap Temukan Adat Minahasa Sebenarnya

(Foto cover : Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow saat memberikan sambutan dalam Seminar Sejarah Budaya Minahasa) 

Sulutpos.com,Tondano – Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi Buka dengan resmi Seminar Sejarah dan Budaya Minahasa pada (27/03) bertempat di Bangunan peninggalan sejarah dan purbakala LOJI Tondano.

Kegiatan yang juga dirangkaikan dengan launcingnya Website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa yang diprakarsai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa ini turut dihadiri pemerhati budaya yakni pimpinan lembaga adat dan budaya Minahasa, Perwakilan Dinas Kebudayaan Provinsi Sulut, jajaran pejabat Pemkab Minahasa, para Camat, para pimpinan dan anggota Majelis Kebudayaan Minahasa (MKM), serta perwakilan dari kabupaten dan Kota Pemekaran dari Minahasa.

Bupati JWS dalam sambutan mengatakan, Seminar Budaya dan Budaya Minahasa ini adalah kegiatan yang sangat penting guna mengetahui kebenaran terkait Minahasa yang sebenarnya.

“Seminar yang sudah di agendakan ini sangat penting, dan ini bisa mengali sejarah Minahasa, karena melihat kenyataan orang Minahasa sangat senang dengan Budaya yang ada, itu terlihat banyaknya lembaga adat yang terbentuk, ” ujarnya.

” Maksud dari seminar ini bukan memperdebatkan akan sejarah yang ada namun menemukan komitmen bersama untuk menemukan sejarah yang sebenarnya dan bernilai,dan sejarah akan menjadi identitas bersama dan kiranya kitapun tidak akan melupakan sejarah .

” Dahulu tidak ada istilah Manado, Bitung, Tomohon, Minahasa Utara, dan daerah lainnya. Hanya ada istilah Minahasa sebagai sebuah suku.Jangan karena pemekaran wilayah administrasi pemerintah sehingga dianggap sejarah masing-masing daerah berobah. Perlu ada kesepakatan bersama tentang sejarah dan budaya Minahasa,” Terangnya,sambil berharap seminar ini akan membantu melahirkan kebudayaan baru yang nanti berdampak padat perkembangan Minahasa.

Adapun Nara sumber yang dipercayakan dalam seminar ini adalah, Dr Fendy Parengkuan dengan materi Sejarah Minahasa, kemudian Dr Paul Richard Renwarin Pr dengan materi Budaya Minahasa, dan Ketua Harian Majelis Kebudayaan Minahasa Pdt Prof Dr RAD Siwu dengan materi Tatacara Penganugerahan Gelar Adat Minahasa”dan yang menjadi moderator adalah Meidy Yafet Tinangon SSi, MSi yang juga adalah ketua KPU Minahasa.( Ody)

(Visited 216 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact us
1
Hello
Ada yang bisa kami bantu?