Drama Kolosal Injil Masuk Minahasa Hiasi Pagelaran Paskah Nasional Ke – 13 di Tondano ( Adv)

( Foto cover : Pemasangan Obor Paskah Nasional 2017 Oleh Menteri Hukum dan Ham Yassona Laoly didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey) 

Sulutpos.com, Tondano – Ribuan warga dan Umat padati Stadion Maesa Tondano pada sabtu ( 22/04) menyaksikan kegiatan keagamaan Umat Nasrani dalam memperinganti Kebangkitan Tuhan Yesus Kristus melawan maut yang biasa disebut Paskah.

Menhumkam Yassona laoly bersa Gubernur Olly Dondokambey saat membawa obor Paskah
Menhumkam Yassona Laoly bersama Gubernur Olly Dondokambey saat membawa obor Paskah

Hajatan akbar Paskah Nasional Ke 13 ini pun dirangkaikan dengan peringatan 500 tahun reformasi gereja, juga konferensi misi dan pemuda global yang ditandai pemasangan Obor oleh Menteri Hukum dan Ham Republik Indonesia Yasonna Hamonangan Laoly, dan didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE.

Dalam prakatanya Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow, berterima kasih atas kepercayaan sebagai penyelenggara Paskah Nasional tahun 2017 ini.

Prakata Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow
Prakata Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow

” Terima kasih atas kehadiran Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly, perwakilan gereja-gereja sedunia, gubernur dan Wagub Sulut,” ungkap Bupati JWS sambil menjelaskan Minahasa merupakan daerah yang terbuka sehingga tidak membedakan suku agama dan ras. NKRI merupakan komitmen yang harus dihargai di negera ini.

Dalam ibadah agung tersebut, tampil sebagai liturgos ibadah Pdt Evert Tangel STh selaku Ketua FKUB Kabupaten Minahasa dan khotbah oleh Pdt Stephen Tong.

Pemimpin liturgos Pdt Evert Tangel
Pemimpin liturgos Pdt Evert Tangel

Terlihat betapa kentalnya kerukunan antar umat yang ada di Minahasa serta Provinsi Sulawesi Utara secara Umum dimana ikut berpartisipasinya semua pemuka agama yang ada yang dengan tidak ada paksaan turut meramaikan kegiatan kerohanian ini.

Sejumlah Pemuka agama yang ikut dalam kegiatan
Sejumlah Pemuka agama yang ikut dalam kegiatan

Dalam Khotbahnya Pdt Stephen Tong mengingatkan, soal asal mula pembunuhan atau penyaliban Kristus. Dijelaskannya, Kristus dibunuh oleh pemimpin-pemimpin agama, politik, militer dan penguasa hukum, ekonomi juga demokrasi.

Pdt Steven Tong saat membawakan Khotbah
Pdt Steven Tong saat membawakan Khotbah

“Agama harus sungguh-sungguh mengajarkan agama. Waktu Yesus lahir agama memperalat politik, saat kematian Yesus politik mempermainkan agama.Jadi pemimpin jangan korupsi, harus takut akan Tuhan, cinta rakyatnya. Sehingga keadilan, cinta kasih bisa terwujud dalam hidup ini,” tegasnya.

“Upah dosa adalah maut. Keadilan dan kemakmuran masih jauh dari harapan dan keinginan rakyat,” terangnya dalam khotbah. Sambil berpesan bahwa Kebangkitan Kristus adalah pengharapan baru bagi manusia yang percaya. Karenanya, kebangkitan itu adalah untuk keselamatan manusia dari sekarang sampai selama-lamanya.

Sambutan Menteri Hukum dan Yassona Laoly
Sambutan Menteri Hukum dan Yassona Laoly

Sementara dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly mengungkapkan, perayaan Paskah merupakan momentum memperbaiki diri demi pembaharuan hidup.

“Marilah kita tebar bibit perdamaian di tengah perbedaan, landaskan kasih dalam keberagaman hidup dan jadikan Pancasila sebagai dasar hidup bernegara,” ajak menteri.

” Kiranya semua menciptakan kerukunan hidup antar umat beragama. Kita semua cinta damai dan rendahkan diri di tengah-tengah hidup bermasyarakat” pintanya.

Pelaksanaan Paskah Nasional dimulai sejak tahun 2005, terus berjalan dengan semangat kebersamaan gereja yang mempunyai misi bersekutu bersaksi dan melayani sudah dilakukan dibeberapa lokasi pelaksana dari pertama di jakarta sampai keenam kalinya . Namun kegiatan Ketujuh digelar diluar Ibukota pada tahun 2011 di Jayapura, kedelapan tahun 2012 di Bandung, kesembilan tahun 2013 di Surabaya, kesepuluh tahun 2014 di Manokwari, kesebelas tahun 2015 di Kupang, keduabelas tahun 2016 di Kabupaten Lanny Jaya, Papua.Dan kali ini Paskah Nasional ketigabelas tahun 2017 diselenggarakan di Sulawesi Utara (Kota Manado dan Tondano-Kabupaten Minahasa.

Pentasan Drama Kolosan Injil Masuk Minahasa
Pentasan Drama Kolosan Injil Masuk Minahasa

Dan yang lebih membuat spektakuker acara ini saat masyarakat serta jemaaat disuguhi drama kolosal disutradarai Yapi Panda Abdiel Tambayong atau lebih dikenal dengan Remy Sylado (sastrawan Indonesia), yang mengisahkan injil Kristus masuk ke Minahasa atau Tanah Toar Lumimuut, melalui dua misionaris asal Jerman yang diutus oleh Nederlandsch Zendeling Genootschap (NZG) yakni Johann Friedrich Riedel dan Johann Gottlieb Schwarz, pada tanggal 12 Juni 1831 keduanya tiba di Minahasa.

Sejumlah Pejabat yang hadir dalam kegiatan Paskah Nasional
Sejumlah Pejabat yang hadir dalam kegiatan Paskah Nasional

Hadir dalam kegiatan ini, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wagub Steven Kandouw, Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito, Ketua Sinode GMIM Pdt Henny W. B. Sumakul, Ketua Deprov Sulut Andrei Angouw, Bupati Jantje W. Sajow, Wabup Ivan Sarundajang, Sekkab Jeffry R. Korengkeng beserta jajaran Pemkab Minahasa.

Penyampaian Salam Paskah
Penyampaian Salam Paskah sekjen Dewan Gereja di Asia

Usai ibadah agung, dilanjutkan dengan penyampaian salam Paskah dimulai dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Rev. Johny Toni Para dari EKHN Jerman, Rev. Jurgen Reichel dari EMS Stuttgard, Rev. Mathews George dari CCA General Secretary (Sekjen Dewan-dewan Gereja ASIA), Pdt Ester Pudjo Widiasih dari Wakil Dewan Gereja se-dunia (World Council of Churches).
Serta pimpinan gereja, yayasan dan pemimpin Kristen dari dalam dan luar negeri, para cendikiawan dan akademisi Kristen, beberapa kepala daerah, eksekutif, legislatif, para pelayan dan aktivis pemuda, perempuan dan siswa serta mahasiswa juga masyarakat Minahasa.

Wagub Steven Kandow saat melepas Peserta Pawai
Wagub Steven Kandow saat melepas Peserta Pawai

Adapub kegiatan lain dalam rangkaian Paskah Nasional Ke 13 ini adalah National Christian Leader Summit di Gereja Sentrum Tondano, Minahasan Contribution on Peace and Harmony bertempat di GMIM Riedel Tondano, Sharing Experiences, International Participants, serta pawai Kerukunan Antar Umat Beragama dan pawai Paskah. ( Ody)

 

(Visited 194 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *