Chat kami sekarang

Kiat Menjadi MC Handal, Menurut Wantania dan Pingkan Assa

( Foto cover : Peserta Sosialisasi Keprotokolan dengan Narasumber Linda Wantania dan Pingkan Assa)

Sulutpos.com, Tondano – Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Minahasa mengelar Sosialisasi keprotokolan Tahun 2017 yang bertempat di Ruang rapat setdakab Minahasa pada Senin (10/04)

Dengan mengambil tema ” Kiat menjadi MC Handal” kegiatan ini dibuka Asisten II setdakab Minahasa Wilfort Siangian mengatas namakan Bupati Minahasa.

Dikesempatan itu Siangian menyampaikan, di berlakukannya pelatihan Master of Ceremony untuk melatih ASN, dilingkup kecamatan dalam rangka membantu tugas pokok keprotokolan di Kabupaten Minahasa.

” Pelatihan ini untuk membawa dan melatih ASN yang potensi di Kecamatan menjadi seorang MC dalam membantu tugas keprotokolan dan membentuk kepribadian dan kemampuan serta tanggung jawab seorang pembawa acara,”

Dalam sosialisasi ini Linda wantania MM Msi yang adalah staf ahli gubernur bidang Kemasyarakatan dan SDM yang merupakan salah satu Narasumber mengatakan dalam menjadi MC ada beberapa kiat yang harus diperhatikan, sehinga jalanya acara itu bisa berjalan dengan baik.
” Ada beberapa kiat yang harus di perhatikan MC yaitu Menguasai acara, menyimak jalanya acara, mengecek pengeras suara, mengendalikan waktu, mengecek kesiapan acara, menguasai dan mengatur hadirin, mengecek kehadiran pejabat, pembicara, memperhatikan isyarat, membawakan acara,” urainya.
Menurutnya krebilitas akan acara yang dilakukan suatu kepemerintahan itu tergantung dari MC ” Ada empat tips dalam menjadi MC Handal, Seorang MC dapat memperhatikan Speed, Volume, Tone, Tibre, Power dan Nafas, yang utama Setiap kata yang dikeluarkan harus di mengerti oleh peserta, ” Terangnya Wantania.

Diharapkanya, agar pemerintah Kabupaten Minahasa dapat mengarahkan para pemuda untuk dididik menjadi MC Handal, serta melihat setiap kader yang ada ditingkat Kecamatan,” Profesi MC dapat di lakukan siapa saja sepanjang seseorang itu dapat belajar dan dan berusaha.” pungkasnya.

Sementara Pingkan Assa Sstp yang kini menjabat Kabid Kominfo di Kota Tomohon dalam materinya mengatakan, sebagai MC proyeksi suara sangat penting, dalam pembentukan suara dengan baik.

” Ada perbedaan saat suara yang dikeluarkan ketika sedang berbicara dengan teman serta dengan nada suara yang di bawakan saat menjadi MC,” ujarnya

” Pembawa acara kita harus mengetahui akan artikulasi kalimat, atau pemilah milahan suku kata dengan baik dan benar. Dan unsur suara dalam menjadi MC nada kita harus dinamis, volume cukup keras tidak berteriak tapi jelas, inotasi atau irama, dan tempo yang seimbang,” urai Pingkan yang juga pernah menjadi Kasubag pemberitaan di Humas Pemkab Minahasa.

Hadir dalam sosialisasi keprotokolan ini adakah perutusan dari setiap SKPD juga dari Kecamatan se Kabupaten Minahasa. ( Ody)

(Visited 140 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *