Chat kami sekarang

Pemkab Minahasa Minta Hukum Tua Siapkan Perpustakaan Desa

( Foto cover : Sosialisasi pemasyarakatan minat dan kebiasaan membaca di Kabupaten Minahasa di ruang sidang setdakab) 

Sulutpos.com, Tondano – Guna mendongkrak masyarakat Minahasa untuk gemar membaca, Pemerintah Kabupaten Minahasa dorong para hukum tua serta lurah untuk menyediakan fasilitas perpustakaan di masing – masing Desa.

Permasalahan tersebut di bahas bersama dalam sosialisasi pemasyarakatan minat dan kebiasaan membaca di Kabupaten Minahasa, Rabu (12/4) kemarin yang digelar Dinas Perpustakaan Kabupaten Minahasa yang bertempat diruang sidang setdakab Minahasa dengan dihadiri seluruh Hukum tua se Kabupaten Minahasa

“Salah satu faktor berkurangnya minat baca masyarakat dikarenakan masih minimnya fasilitas perpustakaan yang memberikan rasa nyaman bagi warga. Namun pemerintah desa di Minahasa sebenarnya dapat menyelenggarakan perpustakaan walau dengan skala kecil melalui alokasi dana desa,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan Minahasa, Drs Jemmy Maramis saat membacakan sambutan Bupati Minahasa Jantje W Sajow.

Menurut Maramis alokasi dana desa juga bisa dipergunakan untuk membiayai pelatihan tenaga teknis yang akan mengelola perpustakaan desa.

“Digelarnya Sosialisasi ini pemerintah bertujuan untuk mempresentasikan sekaligus membuka pengetahuan masyarakat akan peran dan manfaat perpustakaan, juga pentingnya menumbuhkan serta meningkatkan minat baca masyarakat,” katanya,

Dengan sosialisasi ini diharapkan akan bermanfaat untuk memasyarakatkan perpustakaan serta peraturan perundang-undangan yang menjadi landasan penyelenggaraan perpustakaan, serta manfaat dan kontribusi nyata pada peningkatan pengetahuan dan kecerdasan masyarakat,” Intinya Pemerintah Kabupaten Minahasa terus berupaya mengembangkan minat dan budaya baca masyarakat sebagai salah satu kiat membangun mental spiritual masyarakat,” terangnya.

Adapun para narasumber yang dihadirkan adalah Admin Taruru dari perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Sulut, Drs Jemmy Maramis sebagai Kepala Dinas Perpustakaan Minahasa, dan James Sael dari kalangan Pustakawan.

(Visited 134 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *