Chat kami sekarang

Dana Desa di Minahasa Mulai Disalurkan, Para Camat Diminta Awasi Pengelolaannya

( Foto cover : Pengerjaan Pembuatan Drainase di Desa Kanonang Dua Kecamatan Kawangkoan dari Dana Desa Tahun 2016 )

Sulutpos.com, Tondano – Dana Desa ( DD) tahun 2017 tahap pertama mulai disalurkan Pemerintah Kabupaten ke semua Desa di Minahasa.

Dan untuk mengantisipasi penyalah gunaan DD ini, pemerintah Kabupaten terus menghimbau agar Hukum tua dapat mempergunakannya dengan baik sesuai dengan peraturan dan Peruntukannya

” Saya minta Kumtua dapat merealisasikan Dana Desa ini dengan baik sambil memperhatikan akan pembangunan di setiap desa, Di dana desa itu ada Haknya Kumtua dan perangkat Desa, namun yang paling besar adalah milik masyarakat yang diperuntukan guna kepentingan rakyat, bangun maunya rakyat bukan maunya Kumtua, ” terang Bupati Jantje W Sajow ketika melantik hukum tua terpilih beberapa waktu lalu.

Bukan saja ke Hukum tua, Bupati Sajowpun meminta seluruh Camat yang ada dapat mengawasi setiap pengelolaan Dana Desa diwilayahnya sehingga terealisasi dengan baik, jauh dari penyimpangan yang akan merugikan Masyarakat juga Kumtua itu sendiri.

“Kita harus memastikan bahwa Dana Desa ( DD) itu digunakan sesuai dengan peruntukkan dan memyentuh kekebutuhan Masyarakat karena itu wajib hukumnya buat seluruh camat untuk turun lapangan mengawasi pelaksanaan ini agar tepat sasaran,” tegas JWS, Rabu (31/05) dalam rapat dinas diruangan Setdakab Minahasa.

Lebih lanjut dikatakannya Dana Desa ini berfungsi untuk menjamin dan menopang agar roda pemerintahan tetap berjalan dengan baik serta pelayanan pemerintahan berjalan sebagaimana yang diharapkan.

“ Dana Desa (DD) menjadi penopang pembangunan kepemerintahan maka Tugas camat antara lain mengawasi realisasi atau penggunaan DD ini agar tidak ada lagi praktek-praktek penyalahgunaan yang dilakukan. Saya harap seluruh camat bertindak cepat dan tegas,” Kata JWS sambil meminta Hukum tua dapat transparan dalam pelaporan anggaran ini, ” Saya minta Kumtua dalam tealisasi Dana Desa ini dilakukan secara transparan dan jangan coba coba menyala gunakan anggaran ini karena akan berdampak pada hukum, dan kita tidak akan membela jika kedapatan ada Kumtua yang salah mengunakanya, ” Tegas Bupati.

Adapun dalam penyaluran Dana Desa Tahun 2017 ini sudah mulai berjalan dua pekan ini dan sudah ada puluhan Kumtua yang melakukan pencairan tahap pertama. ( Ody)

(Visited 283 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *