Chat kami sekarang

Irup Hari Lahir Pancasila Bupati Sajow Bacakan Pidato Presiden RI

( Foto cover : Bupati Minahasa Drs Jantje W Sajow saat membacakan Pidato Presiden RI dalam memperingati Hari Lahir Pancasila) 

Sulutpos.com, Tondano – Setelah ditetapkanya 1 Juni sebagai hari lahirnya Pancasilah serta di berlakukanya hari libur Nasional sesuai surat keputusan Presiden RI Nomor 24 tahun 2016, maka seluruh komponen Masyarakat Indonesia wajib memperingati hari Lahirnya Pancasila ini.

Dan dalam memperingati Hari Lahirnya Pancasila Pemerintah Kabupaten Minahasa beserta Forkopimda Minahasa mengelar Upacara bersama pada hari ini Kamis (01/06) yang bertempat dilapangan Kantor Bupati Minahasa dan menjadi Inspektur Upacara Jantje Wowiling Sajow selaku Bupati Minahasa dan membacakan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo.

” Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang di pidatokan Ir. Soekarno, Piagam jakarta 22 Juni 1945 dan Rumusan Final Pancasila 18 Agustus 1945 adalah jiwa besar para Founding fathers, Para Ulama dan Pejuang Kemerdekaan di seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepatakan bangsa yang mempersatukan kita. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara, Kuadrat Bangsa kita adalah keberagaman, Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman berbagai etnis bahasa adat istiadat Agama kepercayaan dan golongan bersatu membentuk Indonesia itulah Kebineka Tunggal Ikaan kita” Kata Sajow dalam petikan Pidato Kenegaraan ini.

Disamping itupun sang Presiden meminta setiap elemen bisa bekerja sama dalam menjaga keutuhan Pancasila dan NKRI, “Saya mengajak peran aktif para Ulama, Ustadz, Pendeta, Pastor, Bhiksu, Pedanda, Tokoh Masyarakat, Pendidik, Pelaku seni dan budaya, Pelaku Media, Jajaran birokrasi, TNI dan POLRI serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila. Komitmen Pemerintah untuk penguatan Pancasila dengan berbagai upaya terus dilakukan,” Lanjutnya.

” Telah diundangkan PerPres No 54 tahun 2017 tentang unit kerja Presiden pembinaan Ideologi Pancasila. Kita harus bahu membahu menggapai cita-cita bangsa sesuai dengan Pancasila, seluruh anak bangsa harus menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk Persatuan dan Persaudaraan, menjadi Bangsa yang santun, berjiwa gotong royong dan toleran, menjadikan Indonesia bangsa yang adil, makmur dan bermartabat dimata Internasional.Jaga kebersamaan, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan diantara kita. Selamat hari lahir Pancasila, kita Indonesia, kita Pancasila, semua anda Indonesia, semua anda Pancasila, saya Indonesia, saya Pancasila,” Cetusnya.

Turut hadir dalam Upacara Memperingati Hari Lahirnya Pancasila di Kabupaten Minahasa, Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung SH, Kapolres Minahasa AKBP Samsubair SIK, FORKOPIMDA, Asisten Administrasi Umum Hetty Rumagit SH, Pejabat Eselon II, Seluruh ASN, Guru-guru, siswa-siswi dan para Undangan lainya. ( Ody)

(Visited 164 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *