Chat kami sekarang

Polisi Australia Selidiki Pejabat Vatikan Terkait Tuduhan Pelecehan Anak-Anak

Foto: Kardinal George Pell meninggalkan pertemuan dengan korban pelecehan seksual di Roma, Italia. (Foto: dok.) REUTERS

Pihak berwenang Australia menyatakan sedang menyelidiki seorang pejabat tinggi Vatikan atas berbagai tuduhan baru mengenai kasus pelecehan anak-anak yang telah berlangsung puluhan tahun, meskipun mereka belum akan mengajukan tuduhan.


Sulutpos.com, Washington – Kepala kepolisian negara bagian Victoria Graham Ashton Rabu (27/7) mengatakan kepada Australian Broadcasting Corporation bahwa masalah itu masih dalam penyelidikan.

Penyelidikan itu antara lain berasal dari klaim dua lelaki yang mengatakan bahwa Kardinal George Pell, kepala keuangan Vatikan, memanjakan mereka di sebuah kolam renang di Ballarat, Victoria, Australia, pada akhir tahun 1970-an. Kedua lelaki itu kini berusia 40-an tahun.

Pell membantah tegas klaim terhadapnya. Dalam pernyataan dari kantornya, ia mengatakan tuduhan-tuduhan itu tak lebih dari kampanye untuk merusak reputasinya, yang tampaknya didukung oleh ABC.

Laporan ABC itu merinci perilaku buruk yang melibatkan Pell, yang terjadi dari tahun 1970-an hingga 1990-an. Secara keseluruhan, ABC mendapatkan pernyataan dari delapan pelapor, saksi mata, dan anggota keluarga yang terkait dengan investigasi itu.

Dalam wawancara dengan Radio 3AW Australia, Ashton mengatakan ia mengajukan kasus itu ke Kantor Kejaksaan Publik untuk menentukan apakah akan ada dakwaan terhadap Pell. Ashton menyatakan masih menunggu jawaban dari Kantor Kejaksaan.

Pell juga dituduh melakukan penganiayaan seksual pada tahun 2002, tetapi klaim tersebut ternyata palsu.

Pell menjadi pastor di pedesaan Victoria pada tahun 1970-an dan 1980-an sebelum menjadi uskup Melbourne pada tahun 1996 dan uskup Sydney pada tahun 2001. Ia pindah ke Vatikan pada tahun 2014. [uh/ab]

VOA News

(Visited 279 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *