Chat kami sekarang

Kesiapan Pengamanan Polres Minahasa Matang, Ini Rekayasa Lalin Pengucapan Syukur di Minahasa

( Foto cover : Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair SIK,  bersama Kabag Ops Kompol Efendy Tubagus) 

Sulutpos.com, Tondano – Kesiapan Satuan Polres Minahasa guna mengamankan jalanya pengucapan syukur Kabupaten Minahasa pada 23 juli mendatang terus dimatangkan baik menyangkut pengamanan kamtibmas maupun ketertiban berlalulintas.

Pernyataan tersebut dikatakan Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair SIK MH, dalam press Konfrence pada Kamis (20/07) diruang Maesa Polres dihadapan sejumlah awak media.

” Kesiapan Satuan Polres Minahasa dalam mengamankan jalannya Pengucapan syukur kini telah matang, semua guna memberi rasa nyaman bagi warga Minahasa maupun para tamu yang akan berkunjung dan kiranya pengucapan syukur ini akan dapat berjalan dengan lancar, ” Ujar Kapolres

Lebih lanjut dikatakanya, selain personil Polres, dalam pengamanan inipun bakal ada Tambahan batuan personil dari Polda Sulut, unsur TNI, juga personil lainya.

” Kita akan ada ketambaham personil anggota dari Polda Sulut, yakni satuan Brimob,Sabara, serta akan ada satuan Gegana, yang bakal mengecek akan sejumlah tempat peribadatan yang dianggap perlu untuk di sterilkan, begitupun dari TNI, Satpol PP, juga Pemadam Kebakaran, dan mereka bakal ditempatkan di beberapa titik, namun ada anggota yang mobile seperti yang mengunakan kendaraan bermotor juga Mobil, begitupun dengan tempat ibadah,dimana kita menyiapkan anggota untuk berjaga dengan mengenakan pakaian dinas Polri,” terangya.

Dan guna mengantisipasi melonjaknya kendaraan yang akan terjadi pada hari pelaksanaan nanti pihak polres sendiri mengharapkan bantuan dan kerjasama masyarakat untuk bisa melihat para tamu yang datang berkunjung dirumahnya terlebih yang membawa kendaraan baik roda dua maupun Roda empat untuk tidak memarkirkan kendaraan disembarang tempat apalagi diruas jalan,” Pasti akan banyak kendaraan yang datang nanti, jadi kami minta kesadaran Masyarakat untuk melihat tamunya, kami harap kendaraan mereka jangan diparkir di jalan raya, yang nanti akan mengakibatkan kemacetan, silahkan dimasukan ke pekarangan rumah atau lapangan jika ada kendaraanya yang diparkir diruas jalan akan diderek dan dipindahkan secara paksa, dan untuk masyarakat dihimbau agar dapat membantu juga dalam menjaga keamanan, kalau bisa jangan menyediakan minuman keras yang memicu terjadinya aksi kekerasan, begitupun jangan ada yang membawa senjata tajam karena jika didapati pasti akan proses sesuai peraturan yang ada, dan untuk jam keramaian hanya sampai pada pukul 23.00 wita. Kamipun menyiapkan pelayanan untuk penindakan masalah ini diMapolres Minahasa pada hari minggu nanti ” Tandasnya.

Sementara Kabag Ops Polres Minahasa Kompol Efendy Tubagus memaparkan akan kekuatan personil yang bakan diterjunkan serta wilayah yang menjadi perioritas pengamanan.

” Personil Resmin dan Jajaran, 2/3 ( dua pertiga) kekuatan dari masing bagian Satuan dan Polsek jajaran polres Minahasa sesuai dengan Sprin bejumlah 349 personil dibantu Personil BKO 2 Pleton satuan Sabara Polda Sulut yang berjumlah 62 personil, 1 Pleton Satuan Brimob yang berjumlah 31 Personil, 1 Pleton satuan lantas Polda dengan jumlah 31 personil Sehingga semua personil Kepolisian berjumlah 473 Personil, Sedangkan untuk Ranmor Roda 4. 10 unit, Roda 2, 100 unit, dan roda 6, 3 unit. yang terbagi di Delapan Wiilayah, Yakni Wilayah Kawangkoan dan Tompaso, Wilayah Langowan, Wilayah Kakas Wilayah Lembean Wilayah Timur, Wilayah Kombi,Wikayah Tondano dan Toulimambot, Wilayah remboke , Wilayah eris,” ujar Tubagus.

Mengenai rute akan pengaturan jalur Lalulintas, Kasat Lantas AKP Ruddy Reppy S, Sos menjelaskan bahwa dalam pengucapan syukur ini akan ada perubahan arus lalulintas mulai dari pintu masuk dari arah Tomohon memasuki Tondano, serta jalur Minut masuk Tondano, begitupun dengan Arus balik nantinya.

” Arus Lalulintas akan ada perubahan pada hari pengucapan syukur nanti, dan kita sudah mengatur sesuai denah, ada yang mengunakan jalur Oneway trafic ( Jalur satu arah) namun ada pula jalur Buka Tutup, namun disetiap ruas jalan akan kita tempatkan personil untuk berjaga sehingga tidak akan terjadi kemacetan, dan kitapum akan memasang baliho untuk menunjukan rekayasa jalur nantinya seperti jalan pertigaan Tataaran sampai pertigaan Bolevard Tondano itu satu arah, kendaraan dilarang parkir di jalan raya, akan kita pasang tali disana. Dari arah Remboken melalui jalur Kuliner tidak bisa belok kiri, ( satu arah) dari arah Remboken, Suluan, Kawangkoan, akan diberlakukan buka Tutup jalan sesuai Kondisi, dan untuk jalur Moy akan kita lihat jika kendaraanya padat maka kendaraan berat akan kita alihkan disana,dan jam pelayanan itu akan dimulai dari pukul 09.00 wita “ujar Reppy.

Berikut jalur arus lalulintas yang disiapkan Polres Minahasa melalui Kasat Lantas Ruddy Repi.

Jalur masuk dari arah Yomohon dan Manado
Jalur masuk dari arah Tomohon dan Manado
Jalur Tondano keluar kearah Langowan
Jalur Tondano keluar kearah Langowan
Jalur Tondano Keluar ke Arah Minut
Jalur Tondano Keluar ke Arah Minut
Jalur Tondano Keluar kearah tomohon
Jalur Tondano Keluar kearah Tomohon

( Ody)

(Visited 439 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *