Desa Koka Jadi Percontohan Kampung KB Untuk Kabupaten Minahasa

( Foto cover : Penanda tanganan prasasti Kampung KB oleh Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi) 

Sulutpos.com, Tondano – Dalam rangka mendukung nawacita ke-3 pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)- Jusuf Kalla (JK), Rabu (27/09) Bupati Minahasa, Drs Jantje Wowiling Sajow,MSi jadikan desa Koka, Kecamatan Tombulu sebagai percontohan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Minahasa.

Hal ini tentunya setelah sukses dalam penerapan program KB-nya pada seluruh masyarakat serta meniadakan terjadi pasangan nikah usia dini.

Bupati Minahasa, JWS sendiri berharap, setiap keluarga idealnya memiliki dua anak saja tapi berkualitas. “Punya dua orang anak tapi berkualitas itu bagus dibanding banyak tapi tidak bisa dikontrol, terlebih jika mereka tidak produktif di rumah,” jelas Bupati.

Hal senada diungkap Kepala Dinas PP dan KB Minahasa, Joula Mamahani. Menurut Mamahani, pihaknya mencanangkan Desa Koka, Kecamatan Tombulu sebagai Kampung KB bertujuan untuk melaksanakan Program Kampung Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

” Ini dimaksudkan juga, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu tujuan pencanangan kampung KB untuk meningkatkan kualitas masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui keluarga berencana dan pembangunan keluarga,” tutur Mamahani.

Lebih lanjut, Mamahani mengharapkan, peran pemerintah juga dalam memfasilitasi dan melaksanakan pendampingan kepada masyarakat dapat terlaksana dengan baik. “ Mudah-mudahan kegiatan ini dapat meningkatkan partisipasi keluarga yang memiliki balita,” jelasnya. ( Ody)

(Visited 283 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *