Terjunkan Tiga Excavator, Pemkab Targetkan Tiga Bulan DAS Tondano Bebas Eceng Gondok

( Foto cover : Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi saat meninjau pengangkatan eceng gondok )

Sulutpos.com, Tondano – Setelah diterjunkannya tiga excavator di Danau Tondano, kini Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow tinjau langsung pengerjaannya pada (08/09) di Daerah Aliran Sungai ( DAS) tepatnya di Kelurahan Toulour dan Kelurahan Liningaan Tondano Timur.

Menurut Bupati JWS disamping mengangkat Eceng gondok yang sudah menutupi aliran sungai dan menyulitkan nelayan beraktifitas, pihak pemerintahpun sudah menempatkan exsavator di sejumlah titik lainya.

” Secara keseluruhan ada tiga excavator yang diturunkan untuk mengangkat eceng gondok. Targetnya tiga bulan kedepan, DAS Tondano bersih dari eceng gondok,selain di DAS pengangkatan eceng gondok juga dilakukan di sejumlah zona lainnya di danau Tondano,” Ujar Bupati.

Dalam pembersihan eceng gondok ini adapula permintaan masyarakat agar tumbuhan ini jangan di bersihkan keseluruhannya, ” Memang ada sejumlah warga yang menolak eceng gondok diwilayahnya diangkat, karena diklaim akan mengganggu ikan yang dipelihara,Jadi solusinya kita buat zonasi, daerah mana yang masyarakatnya tidak menolak dan kita angkat, sehingga secara umum tidak mengganggu aktifitas nelayan lainnya,” Terangnya.

Sementara warga mengaku gembira dengan diangkatnya eceng gondok ini lewat kinerja Pemkab Minahasa ,” Tentunya, saya mewakili warga disini mengucapkan terima kasih, atas kepedulian pemkab Minahasa, khususnya bapak Bupati yang sudah turun langsung melihat kondisi DAS dan melakukan upaya penanganan eceng gondok ini,” Kata Carles Rambitan warga Kelurahan Tolour Kecamatan Tondano Timur.( Ody)

(Visited 452 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact us
1
Hello
Ada yang bisa kami bantu?