Cuaca Ektrim Ancam Minahasa, Pesik Minta Warga Waspada

( Foto cover : Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Johanes Pesik) 

Sulutpos.com, Tondano – Cuaca exktrim yang kini menghantui warga Minahasa yang dibenarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), lewat surat himbauan kepada Masyatakat terkait cuaca extrim yang disertai hujan deras dan angin kencang di wilayah Manado, Tomohon, Minahasa dan sekitar diseriusi pemerintah Kabupaten Minahasa.

Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow, M.Si melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Johanes Pesik menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati setiap ada perubahan iklim (Cuaca extrime,red) yang menyelimuti sebagian besar Minahasa akhir-akhir ini.

“Warga yang tinggal di dataran tinggi atau lereng gunung dan bantaran sungai serta dataran renda agar selalu berhati-hati. Karena dengan adanya curah hujan dengan intensitas tinggi, bisa saja menyebapkan tanah longsor, pohon tumbang dan banjir bandang,” sebut Pesik kepada wartawan saat disambangi diruang kerjannya pada Selasa (24/10)

Begitu juga lanjut Pesik, bagi warga yang sedang melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan, agar selalu berhati-hati.

“Kita tidak tahu kapan akan terjadi bencana. Semisal ketika dalam perjalanan dengan membawa kendaraan, tiba-tiba ada pohon tumbang atau pun terjadi tanah longsor yang menghalangi perjalanan kita. Intinya kita selalu waspada terhadap cuaca extrim sekarang ini,” himbaunya.

Lebih lanjut dikatakan Kaban, untuk mengantisipasi sebelum terjadi bencana, pihaknya selalu memonitoring seluruh wilayah Minahasa yang rawan terkena bencana.

“Kita selalu berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten, Kecamatan bahkan sampai ke Desa dan Kelurahan untuk bekerja sama dalam memonitoring setiap terjadinya cuaca buruk di wilayah Minahasa,” pungkasnya. (Ody)

(Visited 110 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *