Dibuka Mendagri,Wabub RD Ikut Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri

Sulutpos.com,Tondano – Bersama para Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota se Indonesia, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, mendapat pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri dari Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri-RI), melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri, Minggu (25/28), di Kantor BPSDM Kemendari-RI, Kalibata-Jakarta.

Pembekalan yang juga diikuti para Ketua DPRD Kabupaten/ Kota se- Indonesia, Angkatan II Tahun 2018 ini diperuntukkan bagi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah hasil Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2018 yang belum pernah mengikuti kegiatan serupa dimaksud, dan dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo.

Dengan bertemakan “Melalui Pembekalan Kita Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Bersih, Efektif, Demokratis dan Terpercaya” ini, diawali laporan oleh Kepala BPSDM Kemendagri-RI Drs Teguh Setyabudi MPd.

Wabup RD mengatakan, ada beberapa hal yang disampaikan Mendagri antara lain, mengenai ancaman dan tantangan mendasar yang harus di waspadai bersama, ancaman terorisme dan radikalisme, bahaya narkoba, demikian juga dengab area rawan korupsi seperti perencanaan anggaran, hibah dan bansos, pajak dan retribusi, pengadaan barang/jasa serta jual beli jabatan.

“Mendagri menegaskan terkait pelaksanaan Konsolidasi Demokrasi/Pelaksanaan Pilpres dan Legislatif, wajib disukseskan antara lain Pemerintah Daerah harus bisa meningkatkan partisipasi masyarakat, lawan politik uang, serta pelaksanaan kampanye damai dan santun, Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah wajib Cuti Kampanye bila akan mengikuti Kampanye,” kata Wabup.

“Kesuksesan Daerah bukan hanya diukur dengan selembar kertas dari BPK, tetapi bagaimana bisa meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Apa yang didapat dari kegiatan ini tentunya akan diterapkan di Minahasa, dan semoga kedepannya bisa bermanfaat untuk Minahasa,” pungkasnya.( Ody)

(Visited 11 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *