Chat kami sekarang

Bawaslu Minahasa Tindak Lanjuti Dugaan Pelanggaran Kampanye Oknum Caleg DPR RI Partai Nasdem

Sulutpos.com,Tondano – Adanya dugaan Praktek Kampanye melanggar aturan terkait penggunaam Fasilitas umum dan melibatkan Mahasiswa Universis Negeri Manado ( UNIMA) oleh oknum Calon Anggota Legislatif DPR RI pada Senin (28/01) lalu. Ditindak lanjuti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa,

Pimpinan Bawaslu Minahasa, Pimpinan Bawaslu Minahasa Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Erwin Sumampouw, menjelaskan, kejadian tersebut terjadi sekira pukul 16.00 sampai 17.00 WITA, dimana pihaknya baru mengetahui sekira pukul 19.00 WITA.

“Setelah kami ketahui, sesuai petunjuk Ketua Bawaslu Minahasa, langsung dibentuk tim investigasi yang juga melibatkan Panwaslu Kecamatan untuk kumpul bukti. Kami langsung ke kampus dan menanyakan informasi ini ke peserta pembekalan KKN yang jadi ajang diduga kampanye,” kata Sumampouw.

Dalam proses pengumpulan bukti dan keterangan saksi, menurut Sumampouw pihaknya menemukan adanya dugaan pembagian bahan kampanye di fasilitas pendidikan. Dijelaskannya, sesuai dengan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017, Pasal 280 Ayat 1 Huruf H, itu adalah pelanggaran karena di fasilitas pendidikan.

“Tapi ini masih dugaan. Masih sementara investigasi adanya dugaan pelanggaran itu,” kata Sumampouw.

Lanjut menurutnya, ancaman pidana sebagaimana ada di Pasal 521 Undang-undang nomor 7 Tahun 2017, ada ancaman penjara 4 tahun dan denda sebesar Rp24 juta.

“Tapi ini masih dalam rangka proses tindak lanjut. Bisa juga, karena yang bersangkutan adalah calon DPR RI, bisa dilanjutkan ke Bawaslu Sulawesi Utara,” kata Sumampouw kembali.

Adapun masuknya Kasus Kampanye melanggar aturan KPU ini masuk kemeja Bawaslu Minahasa saat Kritikan sejumlah mahasiswa menjadi viral, di salah satu akun Blog Jurnalistik milik mereka dengan alamat domain http://violetspsfbs.blogspot.com. Dalam artikel dengan judul ‘Pembekalan KKN Unima Diduga Sarat Kepentingan Politik’, para mahasiswa membagikan cerita mengenai kampanye tersebut lengkap dengan gambar jam dinding dan pulpen yang diberikan oleh calon berinisial FER dari Partai Nasdem.( Ody)

(Visited 256 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *