Data Diskes Boltim,Penderita Kusta Meningkat Tiap Tahunnya

Sulutpos.com,Boltim – Dinas Kesehahan ( Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondouw Timur temukan peningkatan penderita penyakit Kusta di setiap tahun.

Pernyataan tersebut dikatakan Kepala Seksi, Pencegahan Penanggulangan Penyakit, Aviv Sangki saat disambangi wartawan diruang kerjannya Rabu (30/01)

” Yang kita temukan penderita penyakit kusta setiap tahun meningkat. Data terakhir tahun lalu, ada 16 penderita. Para pasien kini dalam masa pengobatan,” Kata Aviv.

Lebih lanjut dikatakannya,upaya pengobatan terhadap penderita kusta ini dibiayai oleh pemerintah daerah.

” Pembiayaan dan Pengobatannya gratis Semua ditanggung pemerintah,” Terangnya.

Aviv pun menjelaskan, jangka waktu pengobatan penyakit ini sesuai jenis kusta yang diderita oleh pasien.

“Ada dua jenis yakni kusta kering dan kusta basah. Untuk kusta kering masa pengobatan enam hingga delapan bulan. Sementata kusta basah masa pengobatan delapan hingga 12 bulan,” Jelasnya.

Terkait penderita tahun ini, Intensifikasi Case Finding yang berupakan program dari global fun, yakni selain sosialisasi juga pencarian kasus kusta.

” Dalam waktu dekat. Kita lakukan pelacakan kasus, dengan melakukan koordinasi dengan pihak Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas),” Imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dinkes Eko Marsidi meminta penderita tidak perlu malu dan meminta pertolongan kepada medis agar segera dilakukan pengobatan.

” Memang umumnya masyarakat malu mengakui mengidap penyakit kusta. Sehingga, kita lakukan langkah-langkah melacak pengidap kusta di semua wilayah. Pengobatan pun gratis,” Pinta Kadis. (Iwan)

(Visited 259 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *