Dengar Pendapat Masyarakat,SBANL Bahas Sejarah Perjalanan UUD 45 dan Proses Perubahannya

Ir Stefanus BAN Liow saat memberikan materi
Ir Stefanus BAN Liow saat memberikan materi

Sulutpos.com,Kawangkoan – Sistem Ketatanegaraan Indonesia mengalami perubahan mendasar seiring dengan terjadinya perubahan konstelasi politik yang ditandai dengan kejatuhan atau mundurnya Soeharto dari tampuk Kepresiden RI.

Kejatuhan ini sekaligus menandai dimulainya pergerakan reformasi diseluruh bidang menuju Sistim Ketatanegaraan yang lebih demokratis.

Hal ini terungkap dalam kegiatan Dengar Pendapat Masyarakat (DPM) Bersama Anggota DPD RI/MPR RI Ir Stefanus BAN Liow di Sendangan Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa, Minggu (20/1).

Dalam kegiatan DPM tersebut, Senator SBANL sapaan akrabnya menjelaskan sekitar sejarahan perjalanan UUD dan proses perubahan UUD NKRI Tahun 1945. UUD 1945 mengatur empat hal penting yakni prinsip Kedaulatan Rakyat dan Negara Hukum, Pembatasan kekuasaan organ-organ Negara, Hubungan antar lembaga-lembaga Negara, Hubungan kekuasaan antar lembaga-lembaga Negara dengan warga Negara.

Dalam Diskusi yang turut pula dihadiri, sejumlah Tokoh Masyarakat/Agama, seperti Ketua BPMW Kawangkoan Satu Pdt M. Lengkong-Pontoh, M.Th, Mantan Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Febry Suoth, S.Sos dan Recky Laloan, SH. terangkat bahwa pada prakteknya pengaturan pelaksanaan UUD 1945 belum optimal, karena sejumlah lembaga Negara tarik menarik kewenangan seperti MK dan MA dalam sejumlah keputusannya.

Sehari sebelumnya, Sabtu (19/1) Senator SBANL melaksanakan kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Langowan Kabupaten Minahasa.( Ody)

(Visited 28 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *