Pemkab Boltim Anggarkan 14 Miliar Bangun 750 RLTH Tahun 2019

( Foto cover : Kepala Dinas Sosial Pemkab Boltim Rudy S. Malah) 

Sulutpos.com,Boltim – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur ( (Boltim) Anggarkan pembangunan 750 Unit Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) di tahun 2019 ini.

Pernyataan tersebut dikatakan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Rudy S. Malah, saat disambangi wartawan siang tadi Senin (21/1)diruang kerjannya.

” Untuk tahun 2019 kita ketambahan 750 unit RTLH.Sudah dipastikan dikerjakan tahun ini dengan anggaram 14 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD,” kata kadis

Dari jumlah ratusan RTLH dimaksud lanjut kadis, semuanya tersebar seluruh Kecamatan dan Desa di Boltim. Diantaranya, di kecamatan Tutuyan dan Kotabunan yang dinilai paling banyak pembangunan. “kita akan action awal bulan Februari mendatang, kita lakukan kegiatan pembangunan RTLH.Tahun lalu sudah kita bangun 750 unit, namun masih ada sisa sekitar 38 unit yang belum terealisasi karena menjadi kendala soal lahan warga yang mendapat bantuan sepertinya belum siap sehingga pembangunan sedikit terhambat,” Lanjut Rudy.

Disamping Pembangunan dari anggaran APBD, Rudypun menjelaskan akan bantuan 100 unit rumah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara ( APBN) 2019.

“Untuk APBN, tahun ini diketahui ada sekitar 100 unit RTLH dari kementerian. Namun, kita masih menunggu Petunjuk teknis (Juknis)” Imbuhnya.

Terkait masih tersisa ratusan unit RLTH tahun 2018 yang ada di Kecamatan Ranomout Desa Tutuyan, maka tahun 2019 pengerjaannya bakal dilanjutkan.

“Tahun 2018 hanya 40 unit yang terbangun, dari jumlah keseluruhan 600 unit. Nah, tahun ini kita kerjakan 300 unit,” Terangnya sambil menghimbau warga untuk bersabar.

” Warga yang namanya sudah tertata di dalam Surat Keputusan (SK) Bupati tentang, penerima bantuan RTLH tahun 2018 untuk bersabar. Karena, pembangunan RTLH akan berlanjut, namum penerima harus mempersiapkan lahan serta bekerjasama guna membangun rumah bantuan RTLH dari pemerintah. Sehingga, di sini kita tidak lagi menemui kendala” Jelasnya.( Iwan)

(Visited 143 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *