Pakistan Klaim Jatuhkan 2 Jet Tempur India di Kashmir

Foto: Tentara India tiba di dekat reruntuhan pesawat yang jatuh di kawasan Budgam, luar kota Srinagar, kawasan Kashmir yang dikuasai India, 27 Februari 2019. AP


SulutPos.com, Washington – Pakistan mengatakan, angkatan udaranya menembak jatuh dua pesawat tempur India yang terbang di atas kawasan Kashmir yang disengketakan, Rabu (27/2).

Juru bicara militer Pakistan Mayor Jenderal Asif Ghafoor mengatakan, salah satu pilot India ditangkap setelah pesawatnya jatuh di kawasan Kashmir yang dikuasai Pakistan, sementara sebuah jet tempur lainnya jatuh di kawasan Kashmir yang dikuasai India.

Sejauh ini belum ada komentar dari India terkait pernyataan Pakistan, meskipun media berita India, yang mengutip pernyataan sejumlah pejabat militer India yang dirahasiakan namanya, mengungkapkan bahwa semua pilot mereka telah diketahui statusnya.

 

Pengumuman Islamabad ini bertepatan dengan keluarnya klaim India bahwa jet-jet tempurnya berhasil menghalau tiga jet tempur Pakistan yang masuk wilayah mereka di Kashmir.

Insiden-insiden udara itu berlangsung beberapa jam setelah Pakistan mengatakan, sedikitnya empat orang dari pihaknya tewas akibat serangan mortir yang dilancarkan pasukan India dari kawasan Kashmir yang dikontrol India.

Ketegangan semakin meningkat antara dua negara tetangga berkekuatan nuklir itu sejak 40 anggota pasukan paramiliter India tewas akibta serangan bom mobil bunuh diri di kawasan Kashmir yang dikausai India pada 14 Februari lalu. Kelompok militan Jaish-e-Mohammad yang berbasis di Pakistan mengklaim bertanggyngjawab atas serangan itu. [ab]

VOA News

(Visited 81 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *