Pemkab Boltim Pastikan TAPD 2019 Naik, Evaluasi Kerja Dinilai Awal Tahun

Foto: Bupati Boltim, Sehan S Landjar SH.


Sulutpos.com,Boltim – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondouw Timur ( Boltim ),tahun 2019 siap naikan Tunjangan Aparatur Pemerintah Desa ( TAPD) mulai dari Hukum tuanya atau Sangadi sampai pada Perangkat desa.

” Tahun ini, Tunjangan Aparatur Pemerintah Desa (TAPD) bakal dinaikkan,” Kata Bupati Sehan S Landjar SH,dalam Kunjungan Kerja (Kunker) di beberapa Kecamatan.

“Jadi ada tiga pilihan, pertama sesuai instruksi pemerintah pusat jika penerimaan aparat desa harus setara pegawai golongan dua, kemudian sekda telah menyodorkan jika penerimaan perangkat Rp3,5 juta. Dan terakhir dari saya, Rp5 juta,” Terangnya.

Lanjutnya, tiga pilihan tersebut kini tergantung kinerja para aparat desa. “Jadi ada tiga pilihan. Surat Keputusan (SK) mana yang harus saya tandatangani. Evaluasi kinerja mulai kita lakukan sejak awal tahun,” tegas Landjar.

Menurutnya, penambahan TPAPD bertujuan meningkatkan pelayanan pemerintah desa kepada masyarakat.

“Jika tidak maksimal, bukan naik malah saya kurangi. Itu kebijakan pemerintah daerah, sebab walaupun menjadi instruksi pemerintah pusat tapi kita lihat kemampuan keuangan kita. Tapi kalau maksimal tentu Pemkab Boltim juga memberikan penghargaan dengan meningkatkan kesejahteraan perangkat,” kata Bupati.

Bupatipun meminta, pemerintah desa segera mendata warga kurang mampu untuk diberikan bantuan dari pemerintah. “Segera data siapa-siapa yang berhak menerima bantuan. Nanti instansi terkait juga turun verifikasi apakah layak atau tidak,” jelas Eang–sapaan akrab bupati ini.

Sementara secara terpisah, Kepala Dinas Pemerdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Slamet Umbola mengatakan, TPAPD beberapakali mengalami peningkatan.

“Memang ada kenaikan terus menerus. Sebab bupati selalu melihat kinerja perangkat desa. Kita siap tindaklanjuti sesuai petunjuk bupati,” jelas Umbola.( Iwan)

(Visited 187 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *