Hasil Kedelai Bolaang Mongondow Timur Naik Empat Kali Lipat

Foto: Kepala Dinas Pertanian Pemkab Boltim, Sutiono.


SulutPos.com, Tutuyan – Hasil kedelai PemkabBolaang Mongondouw Timur (Boltim) naik empat kali lipat, hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Pertanian, Sutiono.

Dikatakannya, berdasarkan data yang diperoleh tahun 2017 ada 626.60 ton, sedangkan data 2018 mencapai 3.209,01 ton. Ini berarti ada peningkatan utuk produksi tanaman Kedelai di boltik. Demi meningkatkan lagi hasil tanaman kedelai di kabupaten Bolaang Mongondow Timur, pemerintah kembali akan memberikan bantuan untuk petani.

“Pemerintah pusat dan daerah telah memberikan bantua bibit yang sudah ditanam pada areal seluas 2000 hektar, tahun 2018, sehingga hasil kedelai meningkat 4 kali lipat,” jelas Sutiono.

Terpisah, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian, Fenti Jangkarang,  menambahkan, bahwa di tahun 2019 pihaknya menyalurkan bantuan melalui program Tumpang Sari untuk tanaman Padi, Jagung dan Kedelai.

“Padi seluas 325 hektar, dan kedelai seluas 325 hektar, jagung dan kedelei 2.600 hektar, jagung 5.000 hektar dan padi ladang 1.000 hektar. Kami harapkan program Tumpang Sari ini ke depan dapat meningkatkan hasil produksi tanaman tersebut,” terangnya. (IWAN).

(Visited 128 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *