Komitmen Layani Rakyat Kabupaten Mitra, Santunan Duka Capai Angka 15.9 Miliar Rupiah

 

Pemerintan Kabupaten Minahasa Tenggara
Pemerintan Kabupaten Minahasa Tenggara

Sulutpos.com,Ratahan – Komitmen untuk memberikan perhatian bagi seluruh rakyat di Kabupaten Minahasa Tenggara ( Mitra) terlebih mereka yang terkena dukacita, dibuktikan Bupati James Sumendap SH dan Wakil Bupati Drs. Joke Jesaja Legi dengan dana duka sebesar Rp 7.000.000 setiap kejadian.

Kebijakan pro rakyat yang satu-satunya di Indonesia ini, secara langsung telah memberikan dampak besar terhadap peradaban sosial kemasyarakatan di Minahasa Tenggara.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey didampingi Bupati Kabupaten Mitra James Sumendap saat melayat dirumah duka sepeninggal Ketua Dewan Drs.Tafiv Watuseke
Gubernur Sulut Olly Dondokambey didampingi Bupati Kabupaten Mitra James Sumendap saat melayat dirumah duka sepeninggal Ketua Dewan Drs.Tafiv Watuseke

Sampai akhir triwulan pertama, sebayak 263 keluarga dijangkau dengan santunan duka yang diserahkan langsung pasca kejadian dan dalam realisasinya, Pemkab Mitra sendiri telah menggeluarkan anggara dengan mencapai angka Rp 1.841.000.000.

Semenjak program digulirkan pada 2017, jumlah dana yang digelontorkan Pemkab untuk dana duka mencapai Rp 15, 9 miliar rupiah.

Penyerahan Dana Duka Oleh Pemkab Minahasa Tenggar kepada Keluarga yang terkena dukacita
Penyerahan Dana Duka Oleh Pemkab Minahasa Tenggara kepada Keluarga yang terkena dukacita

Pola penyaluran pun tak harus menunggu lama, dengan proses pelaporan yang terkoordinasi dari Desa, Kecamatan, sampai ke Kabupaten, keluarga yang berduka bisa dengan cepat mendapatkan bantuan sosial tersebut.

Dengan adanya Program ini diklaim sangat membantu serta meringankan beban setiap keluarga yang mengalami kedukaan.

Penyerahan Dana Duka Oleh Pemkab Minahasa Tenggar kepada Keluarga yang terkena dukacita
Sekretaris Daerah Drs.Robby Ngongoloy menyerahkan santuan duka

Bupati James Sumendap menuturkan komitmen bantu warganya yang terkena duka cita ini konsisten dilakukan memperhatikan kepentingan publik sebagai objek layanan utama sistem tata kelola pemerintahan.

“Yang pasti program ini akan dilanjutkan selama kepemimpinan saya sebagai Bupati Mitra. Saya pun berharap dengan santunan dana duka ini bisa dimanfaatkan masing-masing tiap penerima. Yang pasti ini semua saya persembahkan bagi rakyat Mitra yang telah mempercayakan saya,” jelas Bupati yang telah melakukan perubahan di Kabupaten Mitra ini.

Bupati JS Saat menyapa Keluarga yang berduka
Didampingi Wabup Legi, Bupati JS Saat menyapa Keluarga yang berduka

Sementara pengamat politik dan pemerintahan Universitas Sam Ratulangi Manado Jovano Alva Pelenewan memberikan apresiasi kepada Bupati James Sumendap yang sangat peduli akan kesejatraan Masyarakat di Mitra.

“Menyangkut Bupati James Sumendap memberikan bansos kepada masyarakat lewat dana duka tentu ini perlu di apresiasi dalam politik anggaran pemda Mitra. Dan hai ini sebagai gambaran bentuk kepedulian pemda mitra kepada masyarakat,” Jovano Alva Palenewen, M.A, Pengamat Politik dan Pemerintahan Universitas Sam Ratulangi Manado.

Hal yang sama dikatakan toko masyarakat Mitra Drs Ronny Gosal, Msi bahwa, dana duka sebesar 7 Juta bagi warga yang terkena duka adalah program spektakuler karena sangat membantu masyarakat untuk itu Saya salut kebijakan Bupati JS dan ini harus di lanjutkan.

“Dana duka ini merupakan program kemanusian. Karena angka 7 Juta yang diberikan Pemerintah kepada tiap penerima adalah spektakuler dan sangat membantu masyarakat yang berduka. Sebagai tokoh masyarakat Mitra, saya salut dengan kebijakan ini dan berharap terus dilanjutkan karena dampak positifnya besar bagi publik,” ujar Ronny.

Adapun Grafik penyaluran santunan duka bagi masyarakat Minahasa tenggara yang diprogramkan Bupati JS dan Wabuo Legi ini 2017: Rp 7.686.000.000. 2018: Rp 6.468.000.000. 2019 hingga Triwulan I: Rp 1.841.000.000 dan Jumlah Keseluruhannya RP. 15.995.000.000. ( Advetorial) ( Ody).

(Visited 223 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *