Lakukan Pelipatan Kertas Suara, KPU Dapati Puluhan Kertas Suara Rusak dan Kotor

Sulutpos.com,Tondano – Dalam Proses penyortiran serta pelipatan Kertas Suara yang bakal dipakai dalam pemilihan umum ( Pemilu) april mendatang,Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Minahasa Dapati Puluhan kertas suara rusak dan Kotor.

Terkait dengan itu, Pihak KPU kepada wartawan menuturkan didapati surat suara yang di temukan rusak serta kategori kotor dan robek bukan merupakan kesalahan petugas penyortir pelipat.

“Sampai saat ini ada puluhan yang rusak.Rusak bukan merupakan kesalahan dari petugas pelipat surat suara melainkan ditemukan dari awal dibongkar atau disortir.Jadi bisa karna kesalahan pencetakan atau karna penumpukan lembaran surat suara yang terlalu banyak,” kata Komisioner KPU Minahasa, Divisi Hukum Rendy Suawa, selasa (05/02)kemarin.

Sebagai pertanggung jawaban, Kata Rendy, KPU nantinya akan membuat berita acara tehadap lembaran kertas suara yang rusak ini.

“KPU Minahasa akan melaporkan hal tersebut kepada KPU Sulut.Nantinya KPU Sulut melanjutkannya ke KPU RI.

“Nanti KPU RI yang akan menyampaikan kepada perusahaan percetakan di Makasar untuk menggantinya surat suara yang rusak,” jelas Rendy.

Sebelumnya, ketua KPU Minahasa, Lord Malonda mengatakan dalam proses penyortian dan pelipatan surat suara, KPU melibatkan seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Minahasa. Namun telah dijadwalkan siapa yang akan melakukan tugas tersebut di setiap hari.

“Penyortiran dan pelipatan akan dilakukan hingga 31 Maret nanti.Tahap yang saat ini dilakukan untuk kertas suara legislatif DPRD Kabupaten,” pungkasnya.

Sementara itu pantauan harian ini, proses pelipatan kertas suara  berlangsung aman  dijaga ketat oleh petugas kepolisian dari Polres Minahasa.(Ody)

(Visited 170 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *