Mamonto: Keseluruhan DAK SD/SMP Sekitar 17 Miliar

Foto: Kabid Pembinaan SD Dinas Dikbud Boltim,  Sutjipto Mamonto.


SulutPos.com, Tomohon – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menggelar rapat sinkronisasi beberapa program dan informasi bidang pendidikan dasar yang dihadiri Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se Kabupaten Boltim.

Hal ini dikatakan Sutjipto Mamonto, selaku Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SD, diruangannya, Selasa, (26/3/19). Dikatakannya, bahwa rapat tersebut membahas mengenai sarana prasarana yang ada di sekolah. Dimulai dari bangunan RKB, WC, RDG, Perpustakaan, serta kelengkapan fasilitas yang bersentuhan langsung kepada siswa-siswi.

“Diadakanya rapat ini, terkait Petunjuk Teknis (Juknis) dari Kementerian Pendidikan. Anggarannya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Ada beberapa item di luar kementerian, dialokasikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Boltim, yakni DAU (Dana Alokasi Umum) dan DID (Dana Insentif Daerah),” ujar Mamonto.

Untuk anggaran DAU dan DID, lanjut Mamonto, di antaranya rehab RDG, pembangunan RDG, serta penataan halaman sekolah. Sedangkan, DAK untuk rehab ringan/berat ruang kelas belajar, rehab WC guru dan siswa, serta pembangunan WC.

“Keseluruhan DAK SD/SMP, sekitar Rp 17 miliar. Kita akan lakukan pembangunanya tahun ini. Besar kecil anggaran itu kita lihat tingkat presentasi kerusakan bangunannya, jika 60% kerusakan, maka masuk rehab berat, seperti SDN 1 Desa Jiko Belanga dan SDN 1 Desa Badaro, ruang kelasnya rehab berat,” jelasnya.

Ditambahkannya, ada juga pembangunan 2 Ruang Kelas Belajar (RKB) kontruksi dua lantai di SDN 1 Modayag,  “Awalnya sudah ada pembangunan dua lantai RKB 2014 silam, namun tahun ini kita tambah bangun lagi,” tutup Mamonto. (IWAN).

(Visited 193 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *