Pemilu Serentak 2019, Siap Dikawal TNI – Polri

Foto: Kapolsek Urban Kotabunan, Komisaris Polisi (Kompol) Suparno SSos.


SulutPos.com, Tutuyan – Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 siap dikawal oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indinesia (Polri), untuk pengamanan. Sebagaimana yang disampaikan Kapolsek Urban Kotabunan, Komisaris Polisi (Kompol) Suparno SSos, pada apel Gelar Pasukan yang melibatkan seluruh instansi terkait, bertempat di Mapolsek Urban Kotabunan, Rabu 27 Maret 2019.

“Kami dari TNI/Polri pada prinsipnya siap melaksanakan pengamanan mulai dari tahapan awal sampai dengan kampanye terbuka dan dilanjutkan sampai pengamanan di TPS. Kita TNI dan Polri solid untuk mengmankannya,” ujar Suparno saat diwawancarai sejumlah awak media.

Terkait dengan pelanggaran Pemilu, lanjut Suparno, itu kewenangan Panwas. Nanti kalau Panwas mengindentifikasi bahwa itu kategori suatu pelanggaran Pemilu akan ditindak lanjuti. Jika ada insiden atau tawuran itu tanggungjawab Polri yang nanti di back up TNI, kita akan amankan.

“Kita akan ambil tindakan tegas supaya tidak menjalar ke tempat lain, tegas mantan Kapolsek Kema ini.

Ia juga menambahkan, untuk pemungutan suara Polri akan melaksanakan pengamanan di tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), termasuk Kantor KPU dan Bawaslu, dengan menggunakan Pola Kurang Rawan, Rawan dan Sangat Sawan.

“Kalau Kurang Rawan kita bisa menggunakan dua anggota polisi dan empat Limas untuk mengamankan dua TPS,” terangnya.

Untuk pengamanan khusus menjaga kotak suara, sudah disiapkan, Suparno melanjutkan, dan nanti polisi di PAM TPS akan mengiring terus mulai dari PAM di TPS, kemudian selesai perhitungan akan dikawal terus sampai perekapan sampai di KPU. (IWAN).

(Visited 151 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *