Chat kami sekarang

Selain Terima SPT Tahunan,ROR Tandatangani Kerja Sama Lanjutan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenaga Kerjaan ( ADV)

IMG-20190304-WA0092

Sulutpos.com,Tondano – Bertempat di Halaman Kantor Bupati Tondano pagi tadi Senin ( 04/03) Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Minahasa,menerima Surat Pemberitahuan Tahunan ( SPT) dari KPP Pratama Bitung

“Guna memudahkan wajib pajak dalam memenuhi kewajiban pembayaran dan pelaporan SPT dirjen pajak pada tahun 2013 berinovasi memperkenalkan pelaporan secara online melalui e-filing dan membuat setoran pajak melalui e-billing,”Kata Kepala Kantor KPP Pratama Bitung Marasi Napitupulu.

Ditambahkannya. Pada tahun 2018 pelaporan melalui e-filing oleh seluruh wajib pajak di Indonesia mencapai lebih dari 9 juta wajib pajak. Akan tetapi pada tahun yang sama, terjadi penurunan rasio kepatuhan pelaporan SPT Tahunan PPh baik oleh Orang Pribadi maupun Badan Usaha.

IMG-20190304-WA0077

” Direktorat Jendral Pajak senantiasa berupaya meningkatkan kesadaran seluruh wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakan antara lain menghitung, membayar dan melaporkan SPT Tahunan PPh melalui kegiatan sosialisasi, penyuluhan, kampanye simpatik, termasuk diantaranya adalah kegiatan Pekan Panutan ini,” Terangnya.

” Kepada pimpinan Kabupaten Minahasa beserta jajaran agar taat memenuhi kewajiban pelaporan SPT Tahunan WP OP/Badan,” Ingatnya sambil menerangkan akan kemudahan saat melapor SPT Tahunan ini.

IMG-20190304-WA0080

“Batas pelaporan SPT tahunan WP OP yaitu tanggal 31 Maret sedangkan untuk pelaporan Tahunan WP Badan yaitu 30 April setiap tahunnya. Salah satu kemudahan yang diberikan Direktorat Jendral Pajak dalam pelaporan SPT Tahunan PPh yaitu menggunakan e-filing, dengan e-filing kita bisa lapor SPT Tahunan secara online dimana dan kapan saja,” Jelasnya.

Selain penerimaan SPT Tahunan yang digelar dalam apel awal bulan yang dipimpin Bupati Minahasa Ir.Royke Oktavian Roring MSi. ( ROR) Ini dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) Universal Health Coverage (UHC) dan penyerahan piagam penghargaan UHC untuk Kabupaten Minahasa oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tondano kepada Pemkab Minahasa dan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemkab minahasa dengan BPJS Ketenagakerjaan tentang Penyelengaraan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi hukum tua, perangkat desa, Tenaga Harian Lepas (THL) dan pimpinan agama.

IMG-20190304-WA0074

“Apel perdana ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat motivasi kerja serta membangun Kebersamaan Team Kerja Pemerintah Daerah dalam mensinergikan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan agar selaras dengan dinamika tuntutan perubahan yang berkembang dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Minahasa. Karena itu apel ini harus dimaknai dengan tekad dan semangat yang tinggi untuk mengabdi bagi tanah tercinta Minahasa,” Ujar ROR Sapaan Akrabnya.

IMG-20190304-WA0076

Sementara terkait penandatanganan perjanjian antara Pemkab Minahasa dengan BPJS Kesehatan dalam program UHC ini menurut ROR merupakan bukti nyata dari program pemerintah yang dilakukan untuk memberikan akses layanan kesehatan bagi masyarakat Minahasa yang masuk dalam golongan miskin atau tidak mampu.

“Tadi kita sudah menyaksikan komitmen pemerintah yang bersinergis antara pemerintah Pusat, pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten dalam rangka mewujudkan Kesejahteraan Lewat Kerjasama dengan BPJS Kesehatan yaitu kerjasama lanjutan dalam rangka menopang kesehatan masyarakat dan pemerintah Kabupaten Minahasa, juga mendapatkan penghargaan dari BPJS Kesehatan karena 100 % masyarakat di Kabupaten Minahasa sudah di protect oleh BPJS Kesehatan, dan juga ada sekitar 7000 BPJS Mandiri yang beralih ke BPJS yang ditanggung pemerintah,” Urainya.

IMG-20190304-WA0082

Menurut Bupati, Sebanyak 3.534 orang aparatur desa yang sudah dijamin oleh pemerintah dalam BPJS Ketenagakerjaan, “Sebelumnya di 2018 silam, BPJS-TK telah melindungi 2.631 pegawai non ASN/THL serta 556 Aparatur Kelurahan.  Ini merupakan tanda bahwa pemerintah Kabupaten Minahasa sangat memperhatikan jaminan sosial Ketenagakerjaan. Semua Program Nasional telah dilakukan pemerintah baik pemerintah Provinsi maupun pemerintah Kabupaten,” Lanjut ROR.

Dalam Apel itu Bupati mengingatkan,Pemkab Minahasa telah menyelesaikan dokumen Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2023 dan telah mendapat persetujuan dari DPRD.

IMG-20190304-WA0084

“Saat ini telah memasuki proses evaluasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut dan berharap perangkat daerah langsung menyusun Rencana Strategis (Renstra) masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan berpedoman pada dokumen RPJMD,” Harapnya.

ROR menegaskan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah ( SKPD) segera melengkapi data Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD), Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) kepala daerah dan Laporan Akuntantabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Tahun 2018

Sementara diakhir sambutan dihimbaunya seluruh jajaran untuk mensosialisasikan tahapan pemilihan umum yang akan di laksanakan pada 17 April 2019 demi kesuksesan pesta demokrasi di Indonesia.

IMG-20190304-WA0079

Dalam apel yang turut dihadiri Forkompimda Minahasa, Asisten Deputi Direksi BPJS Kesehatan Suluttenggo Malut, Daniar Hasyim Dahlan, SE,MM.Ak, Kepala BPJS Kesehatan Tondano, Donny Jembar Saefuddin, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tondano, Tri Chandra Kartika, Kepala Kantor KPP Pratama Bitung, Marasi Napitupulu dan Sekretaris Daerah, Jeffry Korengkeng, SH, MSi dan para asisten serta jajaran Pemkab Minahasa,diserahkan santunan duka lewat BPJS Ketenagakerjaan bagi aparat desa maupun tokoh agama yang meninggal dunia sebesar Rp. 24 juta.

IMG-20190304-WA0068

( Ody)

(Visited 51 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *