Chat kami sekarang

ROR-RD Hadiri Pembukaan Musrembang RKPD Sulut 2020

Sulutpos.com,Tondano – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi, bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi (ROR-RD), menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Regional Sulawesi Tahun 2019 dan Pembukaan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Tahun 2020, bertempat di Hotel Sintesa Peninsula Kota Manado, Senin (01/04)

Kegiatan yang dibuka Wakil Gubernur Sulut Drs Steven O E Kandouw ini turut pula dihadiri Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (RI) E E Mangindaan, mewakili Menteri Dalam Negeri RI yakni Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Drs Teguh Setyabudi serta para Gubernur se-Sulawesi diantaranya Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sulaiman, Wakil Gubernur Sulawesi Barat Hajah Erni Anggraini Anwar, Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo Idris Rahim, Forkopimda Sulut, serta Bupati dan Walikota se-Sulut.

Wagub Steven Kandouw dalam sambutannya mewakili Gubernur Olly Dondokambey SE mengatakan, kegiatan Musrenbang ini sesuai dengan tata cara Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi, Pengembangan Pembangunan Daerah Jangka Panjang, dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) serta tata cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) rencana pembangunan jangka menengah.

“Tidak ada daerah yang bisa berdiri sendiri, baik Kabupaten/Kota maupun Provinsi, harus saling suplementer dan komplementer karena ada timbal balik dengan sebab akibat dari pembangunan daerah dalam menetapkan pendekatan kepada Kementerian,” kata Kandouw.

Dirinya lalu mengajak agar bersama-sama mencermati masalah perdagangan, dimana harus diciptakan cluster-cluster di pulau Sulawesi dengan industri barang-barang dan produk-produk dari Sulawesi saja yang di gunakan, tidak diambil dari pulau yang lain.

“Begitu juga dengan masalah energi. Kita tau energi yang ada di Sulawesi berkelebihan yang luar biasa dengan 60 KW. Tapi kita masih mengontrak Kapal dari Turki selama 32 tahun lagi,” Jelasnya

“Soal perikanan, sekarang ibu Menteri belum memberikan izin usaha perikanan sehingga saat ini kami Gubernur dan Wakil Gubernur mencari solusinya dengan bekerjasama agar rakyat betul-betul merasakan bagaimana manfaat pemerintah yang ada di Sulawesi,”Terang Wagub.(Ody)

(Visited 54 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *