Disternak Boltim Pastikan Stock Ayam dan Sapi Jelang Idul Fitri Aman

SulutPos.com, Tutuyan — Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) memastikan bahwa stok daging ayam dan daging sapi di bulan Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah nanti masih aman dan harga masih dapat dijangkau.

Kepala Dispertanak Boltim, melalui dr. Hewan, Insani, mengatakan, kebutuhan daging ayam jelang Idul Fitri tidak ada masalah.

“Untuk kebutuhan daging ayam di Boltim normal-normal saja,” ujarnya, Jumat (24/5/19). Insani menyebut, meski per-minggu ada sekitar 2.000 ekor ayam yang di butuhkan namun tidak ada masalah. “Kebutuhan daging ayam itu rutin perhari. dalam satu minggu ada sekitar 500 ekor dan perbulannya 2.000 ekor ayam yang diminta. Itu sudah termasuk permintaan dari rumah makan tapi tidak ada masalah,” ungkapnya.

Meski kebutuhan daging ayam perbulannya mencapai 2.000 ekor, lanjut Insani, namun tidak ada peningkatan yang signifikan sebab persediaan ikan di Boltim masih cukup banyak. Dia menambahkan, untuk daging sapi, diboltim rata-rata perbulan itu ratusan ekor sapi yang di potong.

“kalau disini (Tutuyan-red) kami sudah surfey dimana pemotongan sapi ada dua titik tapi tidak menentu. kalau ada pesanan baru ada pemotongan sapi. Meski begitu perbulan itu ratusan ekor sapi yang dipotong. Kalau hari rayah seperti Idul Fitri, itu 100 sampai 150 ekor,” tuturnya. (IWAN).

(Visited 98 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *