Dunia Peringati Ulang Tahun Ke-74 Hari Kemenangan di Eropa Atau VE-Day

Foto: Prajurit Legiun Asing Perancis bersiaga sebelum dimulainya upacara peringatan dirgahayu ke-73 kemenangan atas Nazi Jerman dalam PD II di tahun 1945, Paris, Perancis, 8 Mei 2018 (foto: Lionel Bonaventure/AFP)


SulutPos.com, Washington – Rabu ini adalah VE–Day atau Kemenangan di Eropa, ulang tahun ke-74 dari berakhirnya secara resmi Perang Dunia II di Eropa, ketika sekutu berhasil mengalahkan Adolf Hitler dan mesin perang Nazinya.

Meskipun VE-Day tidak diperingati sebagai hari besar di Amerika, namun di Eropa dan sebagian besar bekas Uni Sovyet hari tersebut diperingati.

Jumlah orang yang tewas dalam perang tidak pernah diketahui, tetapi sejarawan berpendapat paling sedikit 35 juta warga Eropa tewas selama PD ke 2, termasuk 6 juta orang Yahudi yang dibunuh oleh Nazi.

VE-Day juga diperingati di Israel, dimana ribuan imigran Yahudi dari Sovyet dan Yahudi yang selamat dari holokos bermukim.

Jerman menyerah tanpa syarat pada 7 Mei, dan Jenderal Alfred Jodl, mewakili apa yang tersisa dari kepemimpin Nazi, menandatangani empat dokumen pengakuan penyerahan tanpa syarat Jerman di Markas Besar Jenderal Eisenhower di Reims, Perancis. Masing-masing pengakuan penyerahan tanpa syarat terhadap Inggris, Perancis, Uni Sovyet, dan Amerika.

Presiden Amerika Harry Truman dan PM Inggris Winston Churchill mendeklarasikan 8 Mei sebagai VE-Day. [jm]

VOA News

(Visited 69 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *