Irup Hardiknas, Bupati Sehan: Pendidikan Karakter adalah untuk Membentuk Insan Berakhlak Mulia

Foto: Bupati Boltim, Sehan Landjar SH, saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan dirangkaikan dengan Hari Buruh Internasional bertempat di lapangan kantor Bupati Kamis (2/5).


SulutPos.com, Tutuyan –  Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan dirangkaikan dengan Hari Buruh Internasional bertempat di lapangan kantor Bupati Kamis (2/5).

Bupati Boltim, Sehan Landjar SH, mengatakan, perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan Sumber Daya Manusia. Tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 yakni menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan.

“Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan untuk membingkai hadirnya sumber daya manusia yang berkualitas demi terwujudnya Indonesia yang maju,”Terang Bupati.

Bupati Boltim, Sehan Landjar SH,

Dalam perspektif pembangunan SDM, lanjut Bupati, perlu ditekankan dua hal yakni, pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.

“Pendidikan karakter yang dimaksud adalah untuk membentuk insan berakhlak mulia, sopan santun, tanggung jawab ,serta Budi pekerti yang luhur. Sementara ikhtiar dalam mempersiapkan generasi terdidik harus membutuhkan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat maupun di tingkat daerah,” jelas Eyang sapaan akrab Bupati.

Saat ini, kata Eyang, peserta didik yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui Tri Pusat Pendidikan yaitu, Keluarga, Sekolah dan Masyarakat.

“Walaupun proses pembangunan pendidikan dan kebudayaan masih dihadapkan dengan keterbatasan, mari kita saling menguatkan dan mendukung sehingga kita dapat memecahkan berbagai masalah dalam dunia pendidikan. Selamat Hari Pendidikan Nasional, teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan tuturnya,” katanya.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati dalam memperingati Hari Buruh Internasional, mengatakan peringatan tersebut mempunyai makna yang begitu dalam bagi seluruh pekerja untuk mampu menghadapi perubahan serta tantangan sejauh mana pekerja mampu mempersiapkan diri menghadapi persaingan tenaga kerja.

“Saya mengapresiasi para buruh dari PT Asafura Surya Alam (PT ASA), bersama Pemda Boltim sudah melaksanakan kegiatan donor darah yang sangat mulia. Mari kita jadikan peringatan Hari Buruh Internasional sebagai momentum untuk memantapkan sinergi pekerja, pengusaha dan pemerintah dalam mewujudkan kondusifitas dan produktivitas kerja untuk mensejahterakan masyarakat,” tutup Eyang.

Perayaan tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Sekda Ir M Assagaf, para Asisten, Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), para Siswa dan Karyawan PT ASA.  (IWAN)

(Visited 100 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *