Pejabat AS Tuduh Iran Serang Kapal Tanker di Lepas Pantai UAE

Foto: Penasihat Keamanan Nasional AS, John Bolton. (Foto: dok). AP


SulutPos.com, Washington – Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton hari Selasa (28/5) mengatakan bahwa Iran “hampir pasti” bertanggung jawab atas serangan awal bulan ini terhadap kapal-kapal tanker minyak di lepas pantai Uni Emirat Arab.

Berbicara kepada para wartawan dalam kunjungan ke Abu Dhabi untuk apa yang disebutnya pembicaraan tentang “masalah keamanan regional yang penting dan tepat waktu,” Bolton tidak memberikan bukti apa pun untuk mendukung tuduhannya, tetapi mengatakan tanker itu dihantam dengan ranjau laut.

Iran sebelumnya membantah bertanggung jawab atas serangan itu.

Ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir sejak Presiden Donald Trump mengumumkan keputusannya untuk berusaha mengurangi ekspor minyak Iran menjadi nol untuk menekan pemerintah Iran agar mengubah perilakunya di Timur Tengah, dan langkahnya untuk meningkatkan kehadiran militer AS di Teluk dalam upaya menanggapi apa yang dikatakannya adalah ancaman Iran.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menuduh Bolton dan yang lainnya terlibat dalam “penghasutan perang” dan mengatakan pemerintahan Trump melakukan aksi “terorisme ekonomi” dengan pemberlakuan kembali sanksi ekonomi terhadap Iran. [lt]

VOA News

(Visited 109 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *