Chat kami sekarang

Pemkab Minahasa Gelar Bimtek e-Planning dan Coaching Clinic RPJMD,Renstra dan Renja

Sulutpos.com,Tondano – Dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng SH, MSi,Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Minahasa Gelar Bimbingan Teknis E-Planning dan Coaching Clinic RPJMD, Renstra dan Renja Perangkat Daerah.Selasa (28/05)Hotel Mercure Tateli.

Kegiatan yang dihadiri Kepala Bappelitbangda Drs. Hannes Donald Wagey,MBA, yang juga membahas Pengendali Teknis Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah,ini pun menampilkan Yannes Tukijan selaku narasumber, Koordinator Pengawasan bidang akuntabilitas Pemerintah Daerah Mardiyanto Arif dan pesertanya Seluruh Kepala OPD, Camat dan Operator se Kabupaten Minahasa.

Dalam sambutan Bupati Minahasa yang disampaikan Sekda Korengkeng mengatakan sebagai mana amanat pasal 260 Undang-undang no. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menyatakan bahwa Daerah sesuai dengan kewenangannya menyusun rencana pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional.

” Artinya RPJPN dan RPJNN, RPJP dan RPJMD Provinsi serta RPJPD dan RPJMD Kabupaten Minahasa harus sinkron dan selaras menuju tercapainya tujuan pembangunan nasional. Hal tersebut juga berlaku terhadap RENSTRA dan RENJA perangkat daerah dengan kata lain pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dan bagian integral pembangunan Nasional karena selain ditujukan untuk memenuhi prioritas dari visi dan misi kepala daerah pembangunan daerah juga harus berkontribusi pada capaian tujuan pembangunan nasional,” Kata Sekda.

Lebih lanjut Sekda menjelaskan, Penerapan e-planning diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi semua pihak, baik masyarakat dan semua stakeholder terhadap akses informasi sebagai acuan untuk berpartisipasi dan melakukan pengawasan,

” e-planning ini juga nantinya dapat membantu terbangunnya sikap positif para stakeholder dan terhindarnya dari sikap apriori terhadap program-program pembangunan didaerah akibat keterbatasan informasi,” Jelasnya.

” Pemerintah kabupaten Minahasa akan mulai melakukan penginputan dokumen perencanaan pembangunan meliputi RPJMD dan RKPD, RENSTRA dan RENJA akan menjdi momentum yang baik untuk memperbaiki permasalahan perencanaan pembangunan daerah. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya menegaskan bahwa OPD perlu meningkatkan kemampuan aparatur khususnya Perencanaan melalui bimbingan teknis penggunaan aplikasi e-planning yang diadakan sekarang ini,” Lanjut Korengkeng.

Korengkeng pun berharap pesertanya bisa mengikuti Bimtek ini sengan baik dan penuh keseriusan,” Diharapkan Bimtek ini diikuti dengan baik.Kabupaten Minahasa telah dan akan terus berpartisipasi terhadap program nasional menuju tercapainya masyarakat sejahtera, sebagai cita-cita nasional. Selanjutnya agar e-planning dapat terlaksana dengan baik maka semua dokumen perencanaan harus selaras satu dengan yang lainnya,” Harap Korengkeng.( Ody

(Visited 33 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *