DPRD Boltim Gelar Paripurna Penetapan Ranperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD 2018

SulutPos.com, Boltim — Dewan Permusyawaraan Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) gelar paripurna dalam rangka penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2018. bertempat di ruang sidang DPRD, Selasa (18-6) dipimpin Ketua DPRD Boltim Drs Marsaoleh Mamonto.

Dalam sambutannya Mamonto mengatakan, kegiatan tersebut sebagai wujud kepatuhan pemerintah terhadap Undang-undang.

“Pelaksanaan paripurna atas penetapan APBD tahun anggaran 2018 ini didasarkan pada undang-undang tentang pemerintahan daerah sebagai dokumen yang sah melalui Ranperda yang sudah di tetapkan,” ujar Mamonto.

Sementara dalam pandangan umum anggota DPRD Argo Sumaiku menyorot terkait air bersih yang dikeluhkan masyarakat desa terpencil.

“Sesuai hasil reses beberapa waktu, ada beberapa desa pelosok yang tidak menikmati air bersih. Beberapa program air bersih yang dianggarkan sejak tahun 2011 lalu dinilai tidak sesuai harapan,” terangnya

Selain itu lanjut Argo, pinggiran sungai di desa Molobog harus dibangun tanggul penahan air karena sering banjir.

“Jika cuaca hujan, sejumlah rumah di desa Molobog terpaksa harus tergenang banjir luapan air sungai. Itu diharapkan agar segera dibangun tanggul (broncong),” ujarnya.

Pandangan umum lainnya datang dari Anggota DPRD Rael Agow yang mengharapkan, Pemkab Boltim segera membangun Rumah Sakit yang memang menjadi kebutuhan Masyarakat.

“Dengan adanya RS, masyarakat Boltim lebih dimudahkan untuk berobat atau memeriksa kesehatan. Tidak perlu jauh-jauh keluar daerah,” pinta Agow.

Bupati Boltim Sehan Landjar yang diwakili Wakil Bupati Rusdi Gumalangit mengatakan, bakal Menanggapi pandangan umum tersebut.

” Kebutuhan masyarakat adalah tanggungjawab kita sebagai pemangku daerah,” Kata Wabup.

“Penyiapan air bersih, pembuatan tanggul penahan air dan pembangunan RS, tentunya adalah tanggungjawab kita semua selaku pemerintah. Dan itu pasti akan dianggarkan demi kesejahteraan masyarakat Boltim khusunya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam giat tersebut yakni, Sekertaris Daerah, Ir Muhammad Assegaf, Assisten 1, 2, dan 3, Wakil Ketua DPRD Sumardia Modeong dan Antonius Muaya, dan unsur Forkopimda.

Dalam hasil ditetapkanya Ranperda
Pertangung jawapan pelaksanaan
APBD tahum anggaran 2018 sebagai peraturan daerah, seluruh anggota
DPRD Boltim, sepakat hasil Keputusan tersebut. (IWAN).

(Visited 17 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *